UNS Siapkan Mahasiswa untuk Mengikuti Program IISMA 2022

UNS Siapkan Mahasiswa untuk Mengikuti Program IISMA 2022

UNS — Keberhasilan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan 22 mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran selama satu semester di universitas luar negeri melalui program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) di tahun 2021 merupakan salah satu wujud komitmen untuk meraih predikat World Class University (WCU). Guna meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa yang lolos seleksi pada salah satu program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) UNS menyelenggarakan rangkaian kegiatan Info Session IISMA 2022 pada Jumat (19/11/2021). Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih memahami dan sejak dini mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022.

Rino Ardhian Nugroho, Ph.D. selaku Kepala UPT KLI UNS menjelaskan bahwa kegiatan dimulai dengan sosialisasi oleh Junaidi, M.A.

“Rangkaian kegiatan Info Session IISMA 2022 dimulai dengan sosialisasi oleh Junaidi, M.A. selaku Ketua Subpokja Mobilitas Internasional Dirjen Dikti Kemendikbudristek yang dilanjutkan dengan sharing pengalaman para awardee IISMA asal UNS melalui media sosial Instagram di @internationalofficeuns,” terang Rino dalam laporannya di awal acara.

Dalam sambutannya, Direktur Direktorat Kerja Sama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, Ph.D. menyatakan bangga dengan para awardee IISMA. Ia ingin di tahun depan akan lebih banyak mahasiswa UNS yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti program IISMA.

“Saya ingin di tahun depan lebih banyak lagi mahasiswa UNS yang diberangkatkan dan memperoleh kesempatan untuk melakukan mobilitas secara internasional di perguruan tinggi top 100 dunia, baik melalui program IISMA maupun program-program yang lain,” ungkapnya.

Program yang baru pertama kali diadakan ini, diselenggarakan dengan pembiayaan penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sejak proses keberangkatan, biaya kuliah dan biaya hidup selama pembelajaran di universitas tujuan, sampai dengan proses kepulangan. Irwan melanjutkan bahwa UNS akan menyelenggarakan seleksi internal serta pembekalan bagi mahasiswa yang turut serta dalam program ini.

“UNS melalui UPT KLI akan menyelenggarakan seleksi internal, serta pembekalan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti program ini,” kata Irwan.

Junaidi, M.A. dalam paparannya menyampaikan beberapa persyaratan utama untuk mengikuti program IISMA 2022 sebagai berikut. Warga Negara Indonesia, mahasiswa S-1 semester 4-6 yang aktif dan terdaftar di PD Dikti, memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh universitas tujuan dan IPK minimal 3.00.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan secara daring dan luring ini diikuti oleh kurang lebih 290 peserta yang terdiri dari Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Kepala Program Studi (Kaprodi), serta mahasiswa. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content