UNS — Keberhasilan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan 22 mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran selama satu semester di universitas luar negeri melalui program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) di tahun 2021 merupakan salah satu wujud komitmen untuk meraih predikat World Class University (WCU). Guna meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa yang lolos seleksi pada salah satu program unggulan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) UNS menyelenggarakan rangkaian kegiatan Info Session IISMA 2022 pada Jumat (19/11/2021). Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih memahami dan sejak dini mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022.

Rino Ardhian Nugroho, Ph.D. selaku Kepala UPT KLI UNS menjelaskan bahwa kegiatan dimulai dengan sosialisasi oleh Junaidi, M.A.

“Rangkaian kegiatan Info Session IISMA 2022 dimulai dengan sosialisasi oleh Junaidi, M.A. selaku Ketua Subpokja Mobilitas Internasional Dirjen Dikti Kemendikbudristek yang dilanjutkan dengan sharing pengalaman para awardee IISMA asal UNS melalui media sosial Instagram di @internationalofficeuns,” terang Rino dalam laporannya di awal acara.

Dalam sambutannya, Direktur Direktorat Kerja Sama, Pengembangan, dan Internasionalisasi UNS, Irwan Trinugroho, Ph.D. menyatakan bangga dengan para awardee IISMA. Ia ingin di tahun depan akan lebih banyak mahasiswa UNS yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti program IISMA.

“Saya ingin di tahun depan lebih banyak lagi mahasiswa UNS yang diberangkatkan dan memperoleh kesempatan untuk melakukan mobilitas secara internasional di perguruan tinggi top 100 dunia, baik melalui program IISMA maupun program-program yang lain,” ungkapnya.

Program yang baru pertama kali diadakan ini, diselenggarakan dengan pembiayaan penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sejak proses keberangkatan, biaya kuliah dan biaya hidup selama pembelajaran di universitas tujuan, sampai dengan proses kepulangan. Irwan melanjutkan bahwa UNS akan menyelenggarakan seleksi internal serta pembekalan bagi mahasiswa yang turut serta dalam program ini.

“UNS melalui UPT KLI akan menyelenggarakan seleksi internal, serta pembekalan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti program ini,” kata Irwan.

Junaidi, M.A. dalam paparannya menyampaikan beberapa persyaratan utama untuk mengikuti program IISMA 2022 sebagai berikut. Warga Negara Indonesia, mahasiswa S-1 semester 4-6 yang aktif dan terdaftar di PD Dikti, memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh universitas tujuan dan IPK minimal 3.00.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan secara daring dan luring ini diikuti oleh kurang lebih 290 peserta yang terdiri dari Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan, Kepala Program Studi (Kaprodi), serta mahasiswa. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Segera Buka Kampus Baru di Jakarta, inilah Prodi yang Dipersiapkan UNS

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terus memperluas jaringan kampus cabangnya di...

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

UNS --- Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan...

UNS Berangkatkan Satgas Bencana Semeru, ini Misi yang Dibawa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana...

Sah, Dirut PT. Hutama Karya Kembali Terpilih sebagai Ketum IKA UNS

UNS --- Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya Ir. Budi Harto, M.M. kembali terpilih sebagai...

Buka Munas V IKA UNS, Rektor UNS: Banggalah jadi Alumni UNS

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho membuka...

Beri Kuliah Umum di FH UNS, Hakim MK: Jangan Pernah Perjualbelikan Hukum

UNS --- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI Prof. Arief Hidayat mewanti-wanti mahasiswa Fakultas...

Kepala Desa Tawangsari, Karanganyar Raih Piala Bergilir MK dalam Lomba Pidato Konstitusi Lurah di UNS

UNS --- Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya di Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya Resmi Ditutup

UNS --- Gelaran Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa se-Solo Raya yang diinisiasi oleh...

Bahas Kebijakan Fiskal dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, FEB UNS Gelar Webinar

UNS --- Fakultasi Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...

Tim PHP2D FEB UNS dan PKK Desa Gondosuli, Tawangmangu Kreasikan Wortel Jadi Aneka Makanan

UNS --- Wortel merupakan salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Desa Gondosuli, Kecamatan...