Awarding Competition jadi Penutup ARTEFAC UNS 2022

Awarding Competition jadi Penutup ARTEFAC UNS 2022

UNS — Awarding perlombaan sekaligus penutupan Art and Sport Appreciation by Economic and Business Faculty (ARTEFAC) 2022 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta diselenggarakan secara hybrid, Sabtu (26/3/2022). Acara ini menghadirkan juri-juri nasional serta digelar dengan sangat meriah di Gedung 3 FEB UNS. Kompetisi yang diadakan oleh ARTEFAC UNS terdiri dari tiga perlombaan antara lain contemporary dance competition, modern dance competition, dan monolog competition.

Rangkaian acara diawali dengan sambutan oleh Mohammad Da’i selaku Ketua ARTEFAC UNS 2022. Dalam sambutannya Mohammad Da’i menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ARTEFAC UNS 2022. Meskipun diadakan di tengah pandemi, tetapi antusiasme dari para peserta sangat luar biasa. Ini terbukti dengan sebanyak 101 peserta secara keseluruhan di semua kompetisi.

Mohammad Da’i, juga menyampaikan bahwa kompetisi yang diadakan ARTEFAC UNS 2022 sudah diselenggarakan selama beberapa tahun dan selalu ditunggu-tunggu oleh penikmat seni dan olahraga pada skala nasional. Peserta berasal dari penjuru Indonesia mulai dari Surakarta, Bali, Jakarta, Blora, Semarang, dan lain-lain.

Rangkaian acara berikutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah, SE., M.Si. sekaligus secara resmi membuka acara Awarding ARTEFAC 2022. Selanjutnya Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) selaku ketua Dies Natalis ke-46 UNS dalam sambutannya mengapreasiai para dewan juri yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke UNS dan mengapresiasi terselenggarakan acara ini. ARTEFAC UNS 2022 dinilai sukses berkreasi mengangkat seni dan olahraga di era seperti sekarang. Sambutan juga diberikan oleh Tuti Orbawati dari Dinas Kebudayaan dan Periwisata yang mewakilkan Wali Kota Solo.

“Kami dari FEB memberikan penghargaan yang luar biasa kepada adik-adik yang sangat keren sudah menyelenggarakan aktivitas kegiatan tanpa kenal lelah,” ujar Prof. Izza.

Acara ini dimeriahkan dengan talkshow dari para juri monolog competition yaitu Hanindawan dan Nano Riantiarno yang memberikan wawasan mengenai Monolog. Mereka mengatakan bahwa Monolog merupakan suatu ruang yang digunakan untuk menampilkan kreativitas dari para pemain untuk menghasilkan suatu karya. Pada monolog competition terdiri dari dua kategori yaitu kategori SMA dan Universitas.

Setelah melewati penjurian, untuk juara Monolog Competition pada kategori SMA diraih oleh Teater Gentamalini sebagai Penata Musik Terbaik, Teater Tsuntsinelas sebagai Artistik Terbaik, Teater Timboel sebagai Juara 3, Teater Bala sebagai Juara 2, dan Teater Gentamalini sebagai Juara 1. Sedangkan pada kategori Universitas, juara Monolog Competition diraih oleh Teater Sendratasik sebagai Penata Musik Terbaik, Teater Geniwara sebagai Artistik Terbaik, Teater Soekamto sebagai Juara 3, Teater Sendratasik sebagai Juara 2, dan Teater Trompah sebagai Juara 1.

Selain itu, talkshow juga dihadiri oleh juri contemporary dance competition yaitu Didik Nini Thowok dan Otniel Tasman menjelaskan sedikit tentang kontemporer sebagai sesuatu yang diekspresikan pada diri kita dengan spontan dimana identik dengan kebebasan dan dapat mengikuti zaman. Setiap periode seni tari kontemporer akan berubah-ubah atau dapat mengikuti perkembangan zaman dengan media yang baru pula. Untuk pemenang contemporary dance competition diraih oleh Sawung Dance Studio sebagai Best Choreo, Janata Team sebagai Juara 3, Taksu Krisna sebagai Juara 2, dan Kuda Dance Community sebagai Juara 1.

“Ukuran menang dan kalah itu bukan ukuran bahwa gagal atau berhasil. Itu baru dalam kancah lomba. Tapi kalau namanya mau sukses ya kita berkarya di masyarakat,” tutur Didik Nini Thowok.

Talkshow selanjutnya menghadirkan juri dari modern dance comptetition yaitu Timboel Hiphop dan Acia Pink Panda yang menjelaskan sedikit tentang tari modern dimana para peserta semakin kreatif dalam berkoreografi. Para dewan juri memberi wawasan dalam perlombaan dance online selain gerakan dance perlu memperhatikan hal lain seperti kostum, pencahayaan, videografi, dan editing. Pemenang kompetisi modern dance, juara 1 dimenangkan oleh Centermix Crew yang berasal dari Blora, Juara 2 adalah Three Six One, Juara 3 dimenangkan oleh Recycle Crew, dan Best Choreo Excellent Dance.

Di sela acara terdapat pertujuakan langsung tari tradisional dan tari modern dari Guest Star yang sangat spektakuler. Demikian acara berjalan dengan meriah dan lancar. Acara ini menjadi penutup ARTEFAC UNS 2022. Humas UNS

Reporter: Rangga
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content