Digelar Secara Luring, UNS Selenggarakan Expo UKM 2022

Digelar Secara Luring, UNS Selenggarakan Expo UKM 2022

UNS — Forum Komunikasi (Forkom) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNS pada Sabtu-Minggu (17-18/9/2022) yang bertempat di Gedung Student Center UNS.

Expo UKM UNS tahun ini diadakan secara luring setelah selama 2 tahun diadakan secara daring. Expo UKM UNS merupakan acara tahunan dimana setiap UKM di tingkat universitas diperkenalkan kepada mahasiswa baru.

Expo UKM UNS dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo serta seluruh mahasiswa baru tahun 2022.

Ketua panitia Expo UKM UNS, Bayhaki mengatakan bahwa Expo UKM ini menjadi ajang profesionalitas dan kreativitas mahasiswa baru dalam mengembangkan talenta. Ia juga menyampaikan bahwa ada 34 UKM tingkat universitas yang diperkenalkan dalam Expo UKM ini. “Expo UKM dilaksanakan selama 2 hari. Setiap harinya ada 34 penampilan dari setiap UKM yang akan dibagi dalam 4 shift. Ada juga night expo jam 7 malam nanti dan dibuka untuk umum,” ujar Bayhaki dalam laporannya.

Dalam sambutannya, Drs. Rohman Agus Pratomo menyampaikan bahwa setiap UKM memiliki peran untuk menampung minat dan bakat mahasiswa. “Mahasiswa 2022 bisa mengikuti UKM sesuai passion masing-masing,” tutur Rohman Agus Pratomo.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap UKM untuk berkembang. Selain itu, Rohman Agus Pratomo juga menyampaikan pentingnya aktif dalam kegiatan UKM. “Kalian harus aktif dan turut mengembangkan UKM. itu penting (karena) dengan ikut UKM, kuliah anda pasti berwarna,” ujarnya.

Tak lupa, ia juga mengingatkan para mahasiswa baru untuk bisa menyeimbangkan antara kegiatan UKM dengan perkuliahan. “Kalo ikut lima UKM ya jangan. Kuliahnya yang kacau. kuliahnya harus beres, UKM juga berprestasi. Harus diatur sebaik-baiknya,” pungkas Rohman Agus Pratomo.

Prof. Yunus juga menyampaikan hal serupa dalam sambutannya. “UKM penting untuk mengembangkan bakat keterampilan dan penalaran. Adik-adik akan dilatih, adik-adik dapat mendapatkan manfaat yang besar. Ini (kegiatan UKM) sangat baik selama adik-adik menempuh studi di UNS selama 4 tahun. (mengikuti UKM) akan menjadi pengalaman untuk bekal mencari pekerjaan atau melanjutkan studi yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Acara Expo UKM UNS diawali dengan parade delegasi dari ke-34 UKM yang ada di tingkat universitas tersebut. Parade diiringi oleh UKM Marching Band UNS yang ditemani oleh maskot Expo UKM UNS, Bujang Ganong.

Pada hari pertama Expo UKM UNS ini, terdapat penampilan dari beberapa UKM, seperti UKM Marching Band, AIESEC, LPM Kentingan, UKM Bulu Tangkis, UKM Seni Religi, Dewan Mahasiswa, UKM Perisai Diri, dan Paduan Suara Voca Erudita. Humas UNS

Reporter: Adisti Daniella
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content