Berita TerkiniMahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Pasti Bisa

By 16 June 2016 No Comments

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Terbukti Bisa Aplikasikan Budaya ACTIVE

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasinya diberbagai ajang perlombaan tingkat nasional maupun internasional yang digelar selama periode awal 2016 hingga Mei 2016  ini. Setidaknya ada 9 raihan prestasi yang berhasil mengharumkan nama UNS di kancah nasional maupun internasional. Raihan-raihan tersebut membuktikan bahwa mahasiswa UNS memang terbukti bisa mengaplikasikan salah satu budaya yang ada di UNS yakni Achievement Oriented—yang mana merupakan bagian slogan ACTIVE. Berikut ulasan singkat beberapa prestasi mahasiswa tersebut.

Prestasi yang telah diraih beberapa mahasiswa tersebut membuktikan bahwa mahasiswa Universitas Sebelas maret (UNS) pasti BISA bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Prestasi yang telah diraih beberapa mahasiswa tersebut membuktikan bahwa mahasiswa UNS pasti BISA bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Aninditya Verinda P.

Juara 1 Nasional Kompetisi Esai MXIT MRC

        Anindita berhasil menyabet juara 1 pada kategori esai dengan judul esai “Propitor – KNF Propolis Imunomodulator; Terapi Adjuvan pada Karsinoma Nasofaring Pasca Radioterapi” pada acara EXIT MRC BEM KM FK UNAND 2016. MRC (Medicalstudent Research Center) merupakan salah unit kegiatan yang berfokus dalam bidang ilmiah dan penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Bening Fajriani

Juara 1 International Market Reasearch-Youth Excursion “Connecting ASEAN Youth Leader to the World”

        Acara yang mengusung tema “Connecting ASEAN Youth Leader to the World” ini bertujuan untuk mewadahi pemuda-pemuda di ASEAN, khususnya Indonesia untuk belajar pemahaman ide dan tindakan nyata dengan berdiskusi dengan para ahli di bidangnya, serta untuk mengenalkan budaya daerah masing-masing. Acara ini digelar pada tanggal 21-26 Maret 2016 di Bangkok, Thailand. Pada kegiatan market research khususnya, ditujukan agar peserta dapat memahami keadaan ekonomi di negara ASEAN, pada program ini dikhususkan untuk menganalisis pasar lokal di Thailand.

Tim Bola Voli UNS

Juara 1 Putri dan Juara 3 Putra Airlangga National Volleyball Competition UNAIR

        Tim bola voli UNS berhasil meraih juara 1 untuk kategori putri dan juara 3 untuk kategori putra pada acara ANVC 2016 (Airlangga National Volleyball Competition) yang diselenggarakan pada tanggal 9-15 Mei 2016. ANVC merupakan turnamen tahunan yang diselenggarakan oleh UKM Bola Voli UNAIR (Universitas Airlangga) yang berskala nasional.

Tim Pencak Silat UNS

Juara Umum Kejurnas Invitasi Cabang Olahraga Pencak Silat Mahasiswa

      Tim Pencak Silat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi juara umum pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Invitasi Cabang Olahraga Pencak Silat Mahasiswa di GOR Ciracas, Jakarta Timur, pada 15 Mei 2016. Tim Pencak Silat UNS dinobatkan sebagai juara umum setelah meraih tujuh medali emas, empat medali perak, dan tiga medali perunggu. Tujuh medali emas tersebut masing-masing disumbangkan Brian Ahmad Jaelan (kelas A putra), Muhammad Farid (kelas B putra), Aminudin (kelas G Putra), Tri Suyanto (kelas I putra), Desi Indah (kelas A putri), Devina Amelia (kelas E putri), serta pasangan Alvika dan Hanif Aldila yang turun di ganda putri kategori seni dan gerak.

Kidung. S, Arghadia. A, dan Rochmad A. B.

Juara 2 dan Best Speaker Kompetisi Debat Hukum Tingkat Nasional

        Tim UNS yang terdiri dari tiga mahasiswa FH UNS berhasil meraih juara 2 pada Debat Mahasiswa Hukum tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH-Unnes) dan menganugrahkan Best Speaker kepada Arghadia A. pada 24 April 2016. Kompetisi yang diikuti oleh 11 tim dari 9 universitas ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa hukum yang terlatih dalam menyampaikan pandangan dan fikirannya dalam forum debat, serta masukan-masukan alternatif dalam menghadapi MEA, utamanya dari sisi keberlakuan hukum.

Nadia Imaniar J. K. Dan Robby Antonius M.

Juara 1 Putri dan Juara 1 Putra Kumite Kejurnas Karate UIN Sunan Kalijaga CUP X 2016

        Tim Karate INKAI UNS berhasil menyabet gelar Juara I, II, dan III dengan perolehan 4 medali emas, 2 medali perak, dan 6 medali perunggu pada Kejurnas UIN Sunan Kalijaga Cup X, yang digelar di Gelanggang GOR Amongraga Yogyakarta pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2016. Tim Karate INKAI UNS mengikutkan 18 karatekanya ke dalam Kejurnas yang diikuti oleh 65 kontingen dari seluruh Indonesia.

PSM Voca Erudita UNS

Grand Champion Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional Universitas Airlangga

        PSM Voca Erudita (PSM VE) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, berhasil meraih gelar Grand Champion atau Juara Umum dengan rincian Juara 1 sekaligus Best Programme pada kategori Folklore, Juara 1 pada kategori Historical Programme, Juara 2 pada kategori Musica Contemporanea, dan Juara 2 pada kategori Chamber Choir/Vocal Ensemble dalam Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh PSM Universitas Airlangga pada tanggal 4-7 Mei 2016 di Univeristas Airlangga, Surabaya. PSM Voca Erudita UNS mengirimkan 38 orang, yang terdiri dari 34 penyanyi, 2 konduktor, 1 pembina, dan 1 official.

Tim Semar Nata Nastari FT UNS

Juara 1 Nasional Lomba Vertical House Innovation di ITS

        Tim Semar Nata Nastari UNS berhasil menyabet gelar juara 1 dalam Lomba Inovasi Rumah Susun (Vertical House Innovation) yang digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada tanggal 14-15 Mei 2016. Juara 1 tersebut diraih melalui Competition of Innovation (CoI) dalam acara Civil Expo 2016 di ITS. CoI tahun 2016 ini mengangkat tema “Innovation of Green Vertical Housing with Sustainable Development Concept. Tim Semar Nata Nastari beranggotakan mahasiswa Teknik Sipil UNS, yaitu Hudha Pramudya Murti, Karina Puspa Amalia, Muhammad ‘Ainun Naim, dan Sonny Bhaksono Aji dengan dosen pembimbing Senot Sangaji. [azaria.red.uns.ac.id]

Leave a Reply