UNS Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023

UNS Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Upacara bertempat di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (2/5/2023). Momentum ini diikuti keluarga besar UNS dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. bertindak selaku pembina upacara. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam sambutan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa terdapat perubahan besar yang terjadi di sekitar kita dalam tiga tahun terakhir. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

Cita-cita tersebut yakni sebuah pendidikan yang menuntun minat, bakat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Khususnya pada jenjang perguruan tinggi, perubahan dimulai sejak saat seleksi masuk yang berfokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya berbagai program Kampus Merdeka.

“Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita,” ujar Nadiem yang disampaikan Prof. Jamal.

Hari pendidikan nasional di tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi. Juga setiap jengkal langkah berani yang telah diambil.

Nadiem turut berpesan bahwa perjalanan harus terus dilanjutkan. Hal tersebut demi anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Humas UNS

Skip to content