Rektor Lantik Pengurus IKA UNS Periode 2021 – 2024

Rektor Lantik Pengurus IKA UNS Periode 2021 – 2024

UNSPengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2021 – 2024 dilantik langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Pelantikan berlangsung secara luring dan daring di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, pada Sabtu (19/2/2022).

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa proses pelantikan ini memiliki misi untuk merekatkan persatuan dan kesatuan para alumni UNS. “Kekuatan sinergi, kolaborasi, solidaritas UNS sebagai almamater dengan alumni telah terbukti mampu menjadi pilar penting penyangga keberhasilan UNS mewujudkan visi misi UNS untuk menuju Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kelas dunia (World Class University),” terang Prof. Jamal.

Prof. Jamal berharap sinergisitas yang terjalin antara UNS dan IKA UNS diupayakan mampu mewujudkan komitmen dan kontribusi bersama demi mendukung pencapaian dan reputasi UNS baik skala nasional maupun internasional.

“Kita baru saja mendapatkan kabar bahwa UNS satu-satunya PTN di Indonesia yang masuk ke dalam Times Higher Education (THE) Young University Rankings 2022. Maka, mari kita doakan bersama rumah besar kita yang dihuni lebih dari 40.000 mahasiswa serta lebih dari 125.000 alumni hebat akan saling memberikan kontribusi bagi perkembangan bangsa dan negara,” imbuh Prof. Jamal.

Sementara itu, Ketua IKA UNS yang baru saja dilantik, Ir. Budi Harto, M.M. menyampaikan bahwa kepengurusan IKA UNS periode 2021 – 2024 terdiri dari 5 lembaga. Diantaranya Majelis Permusyawaratan dan Pertimbangan Alumni (MPPA), Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Dewan Pengawas, dan Pengurus Harian.

Pada Lembaga Pengurus Harian terdapat 9 bidang yang membawahi yakni Bidang Organisasi, Data Alumni, Humas dan Media, Masyarakat, Alumni dan Almamater, Alumni Muda, Advokasi Hukum, Aksi dan Advokasi Kesehatan, serta Pembinaan dan Peminatan Alumni.

Rektor Lantik Pengurus IKA UNS Periode 2021 – 2024

“Terdapat dua bidang baru yang berada di Pengurus Harian yakni bidang Aksi dan Advokasi Kesehatan serta Alumni Muda. Bidang Aksi dan Advokasi Kesehatan terbentuk karena hadirnya situasi pandemi Covid-19 ini. Juga bidang Alumni Muda yang dibentuk untuk mendorong alumni muda dan alumni senior untuk saling bersinergi,” ujar Ir. Budi Harto yang juga menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT. Hutama Karya ini.

Ir. Budi Harto berharap pada bidang Alumni dan Almamater juga dapat saling bersinergi untuk sama-sama mendukung kampus dengan menjalin berbagai kerja sama demi mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS yang memuaskan.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UNS, Drs. Bambang Dwi Wahyudi menambahkan bahwa penyusunan pengurus IKA UNS masa bakti 2021 – 2024 ini telah melalui screening ketat demi menghadirkan alumni terbaik UNS. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content