Opini

Menelusuri Rekam Jejak Universitas Terbesar di Solo Melalui Museum

By 3 July 2019 July 4th, 2019 No Comments

Museum UNS dengan berbagai koleksi memorabilia berkaitan dengan sejarah UNS hingga pekembangan UNS saat ini.

Mungkin belum banyak mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang mengetahui bahwa kini UNS memiliki sebuah museum. Museum dapat digolongkan masih baru karena baru resmi dibuka pada 11 Maret 2017. Museum UNS berada di dalam gedung perpustakaan UNS lantai 7. Museum ini memiliki berbagai koleksi yang dapat menggugah sejarah perjalanan UNS mulai dari perencanaan pendirian hingga kondisi saat ini. Berbagai koleksi seperti cangkul simbolik dari pencangkulan pertama pembangunan UNS, piagam dari berbagai institusi, toga, hingga foto-foto rector UNS dari pertama hingga sekarang. Selain itu, tedapat pula panel linimasa yang menjelaskan tentang sejarah UNS semenjak awal penggagasan hingga orientasi UNS sebagai World Class University.

Ketika berkunjung ke museum UNS, pengunjung akan disambut oleh petugas yang ramah dan akan mengarahkan pengunjung untuk mengisi daftar hadir untuk memasuki museum. Setelah memasuki ruangan, pengunjung akan dihadapkan dengan benda-benda peninggalan sejarah UNS yang tersusun rapi dalam sebuah ruangan yang bersih dan sejuk sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah ketika pengunjung sedang mengeksplorasi museum UNS. Benda-benda yang dipertunjukkan di museum UNS memilki arti tersendiri, seperti linimasa sejarah, foto-foto rektor, dan poster-poster penjelas memberikan wawasan bahwasannya proses pengambilan kebijakan, interaksi yang terjadi, dan pembangunan di UNS semenjak awal berdiri hingga saat ini membentuk sebuah sejarah panjang UNS baik di ranah domestik maupun internasional.

Dengan lokasi Museum UNS yang berada di tengah Univeritas, membuat akses bagi Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan mudah. Kemudahan akses Museum UNS sebagai wahana rekreasi dan edukasi sangatlah efektif untuk membantu melepas penat di tengah kampus sebagai kompleks akademisi. Letaknya yang berada di gedung perpustakaan UNS dapat juga menarik minat dari para pembaca buku yang antusias dengan ilmu. Alhasil, dengan adanya Museum UNS dapat membantu meringankan pikiran dari berbagai proses belajar mengajar yang ada di kampus juga dapat digunakan untuk menunggu waktu disela istirahat jam kuliah.

Museum UNS ini sangat bagus sebagai sarana edukasi dan rekreasi baik bagi masyarakat UNS sendiri maupun non-UNS. Museum UNS secara lengkap mampu merekam sejarah UNS, yang mana itu sangat penting agar tidak lenkang di makan oleh jaman. Kami pribadipun baru memahami sejarah panjang dari beridirinya UNS ketika mengunjungi museum UNS ini. Pasalnya. Mulai dari pertama kali masuk ke Universitas ini, baik di kegiatan PKKMB atau kegiatan kampus lainnya tidak pernah diceritakan terkait sejarah UNS. Kalaupun ada itu hanya materi sekilas dan bukan menjadi pokok pembahasan. Padahal rekam jejak sejarah tersebut sangatlah penting, berharga dan tidak boleh tenggelam, terlebih UNS merupakan Universitas terbesar dan terbaik di wilayah Soloraya. Mungkin jika tidak ada museum UNS ini, cerita sejarah UNS akan hilang dimakan jaman. Museum ini telah berhasil merealisasikan pesan bapak proklamator kita, Ir. Soekarno, “Jas Merah (Jangan sekali-kali melupakan sejarah)”

Oleh : Muflih Dwi F., Nanda Aziiz, Tieko Januar C.

Leave a Reply