Berita Terkini

21 Mahasiswa Internasional Perebutkan UNS Scholarship

By 27 July 2017 No Comments

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui UPT Layanan Internasional kembali membuka program UNS Scholarship untuk tahun akademik 2017/2018. Program ini dimulai pada bulan Mei hingga Juni lalu dengan pengumpulan berkas-berkas pendaftaran secara online. Proses seleksi telah dimulai pada awal bulan Juli. Sebanyak 21 calon mahasiswa dari 4 negara, yakni  Timor Leste, Turkmenistan, Tiongkok, dan Thailand, dinyatakan lolos administrasi dan telah mengikuti seleksi wawancara pada 21 Juli 2017 lalu.

Taufiq Al Makmun selaku kepala UPT Layanan Internasional mengemukakan bahwa Program UNS Scholarship merupakan program beasiswa yang membebaskan biaya kuliah atau tuition fee khusus untuk warga negara asing.

“Program kami buka Mei-Juni lalu melalui pendaftaran online. Scholarship tersebut tersedia untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter. Saat ini ada 21 calon mahasiswa asing yang mengikuti serangkaian seleksi,” ungkap Taufiq.

Seleksi wawancara dilaksanakan secara langsung baik dengan tatap muka maupun video call. Dua tahap wawancara harus dilalui calon mahasiswa. Tahap pertama dengan fakultas pilihan calon mahasiswa untuk hal-hal akademik dan dengan perwakilan UPT Layanan Internasional UNS terkait keterampilan hidup calon mahasiswa.

Fakultas pilihan calon mahasiswa internasional ini antara lain Ilmu Budaya, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Sosial dan Politik, Seni Rupa dan Desain, dan Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Tak hanya beasiswa, seorang calon mahasiswa internasional bahkan mendaftar melalui jalur Swadana di Fakultas Kedokteran. Sampai saat ini negara asing yang berminat untuk melanjutkan studi di UNS masih dari kawasan Asia, Afrika dan Eropa Timur. humas-red.uns/Ang/Eln

Leave a Reply