Meriahkan 3 Hari Nasional, Ada Lomba dan Seminar di UPT Perpustakaan UNS

Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Hari Buku Nasional 17 Mei, dan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, UPT Perpustakaan UNS Surakarta menyelenggarakan seminar nasional bertemakan “Motivasi dan Literasi untuk Pendidikan bagi Guru dan Dosen”. Pembicara dalam seminar tersebut adalah Muhammad Rohmadi selaku Kepala UPT Perpustakaan UNS dan juga Ketua Umum Asosiasi Dosen Bahasa Indonesia (ADOBSI). Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi civitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan guru. Peserta seminar ini dibatasi sebanyak 150 orang. Dalam seminar tersebut, juga dibagikan buku berjudul “Guru & Dosen Hebat dan Luar Biasa” karya Rohmadi.

DSC_0351
Rohmadi berjabat tangan dengan perwakilan USB Surakarta usai tanda tangani MoU.

Rohmadi mengungkapkan bahwa dirinya memberikan materi seminar yang fokus dalam upaya bagaimana menjadi guru dan dosen yang hebat dan luar biasa. “Polanya kami mencoba untuk menggerakkan semua lini untuk bisa melahirkan generasi emas Indonesia,” tuturnya. Menurutnya, generasi muda sekarang sudah semakin terpuruk dalam konteks tertentu. Dia memberikan contoh kondisi terkini seperti kekerasan seksual, pornografi, dan narkoba. Pihaknya ingin melalui guru dan dosen untuk bisa mengantisipasi dan menyelesaikan masalah yang sedang ada sekarang dengan basis perpustakaan. Pihaknya ingin menggerakkan semua lini tersebut salah satunya dengan budaya literasi membaca.

Dalam kesempatan tersebut, juga diadakan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara UNS dan Universitas Setia Budi (USB) Surakarta. Kerja sama yang diadakan merupakan kerja sama dalam bidang pendampingan dari perpustakaan negeri ke perpustakaan swasta. “Kita sebagai perpustakaan negeri yang menjadi rujukan nasional dan terakreditasi A, kita wajib untuk mendampingi dan membina perpustakaan swasta yang sedang berkembang di sekitar kita,” ujar Rohmadi. Selain itu, kerja sama tersebut mencakup kegiatan berbagi pengalaman dengan saling tukar informasi dan pustakawan dalam rangka sharing penguatan kekayaan sumber literasi.

DSC_0410 (2)
Para pemenang Lomba Meresensi Buku dan Lomba Bercerita.

Selain kegiatan seminar dan penandatanganan MoU, juga diadakan Lomba Meresensi Buku dan Lomba Bercerita. Lomba-lomba tersebut diperuntukkan bagi civitas akademika UNS. Pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan, sertifikat, dan trofi penghargaan.[] (dodok.red.uns.ac.id)

Skip to content