Delegasi UNS Siap Berlaga dalam KN-MIPA 2020

UNS-Sebanyak 12 delegasi Kompetisi Nasional Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap berlaga dalam KN-MIPA pada Agustus mendatang. UNS mengirimkan tiga mahasiswa pada setiap bidang yang terdiri dari bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sebelumnya, UNS telah melaksanakan seleksi internal pada 12-13 November 2019 yang diikuti oleh 57 mahasiswa.

Salah seorang delegasi Bidang Biologi, Dewa Putu Adhi Nugraha Anom dari Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian (FP) mengungkapkan bahwa akan menyiapkan diri dalam kompetisi ini dengan baik.

“Persiapannya tidak terlalu memforsir diri, belajar semampu yang saya bisa. Saya membuat skala prioritas dan daily plan supaya efektif belajarnya, selain itu saya juga membuat jadwal review misal besok mau review materi apa. Kan engga mungkin sekali belajar langsung terserap, jadi perlu direview karena kapasitas otak kita terbatas, mereview sembari mempelajari materi lainnnya,” ungkap mahasiswa semester empat tersebut saat diwawancarai uns.ac.id, Selasa (27/7/2020).

UNS juga mengadakan pendampingan bagi delegasi yang dilakukan oleh dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pendampingan tersebut sudah dilakukan sejak Desember 2019 yang berupa pembahasan soal KN-MIPA serta materi-materi yang diujikan dalam KN-MIPA.

Dewa yang pernah mengikuti KN-MIPA Nasional tahun 2019 juga berkaca pada perolehan tahun lalu. “Saat saya ikut KN-MIPA 2019, saya bertemu dengan teman-teman dari kampus lain, jadi saya kepo kok bisa sih kampus tersebut selalu borong medali. Jadi, kita perlu tahu apa yang dimiliki oleh rival karena kita juga bisa belajar dari mereka,” ungkapnya.

Seleksi berikutnya berupa Computer Based Test(CBT) yang akan berlangsung pada 4-7 Agustus 2020 secara daring. Dewa berharap dalam KN-MIPA 2020 ini jauh lebih maksimal dari tahun sebelumnya.
“Saya dan teman-teman berharap dengan jarak seleksi internal dan nasional yang cukup jauh ini bisa memberikan waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri dalam seleksi tahap II KN-MIPA Nasional. Kami juga memohon doa dan dukungan dari seluruh sivitas akademika UNS agar kami dapat memperoleh hasil yang terbaik dan mampu membanggakan almamater UNS tercinta,” harapnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Berikut delegasi UNS dalam kompetisi KN-MIPA 2020:
Bidang Matematika
1. Rizma Yudatama (Matematika/Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Angkatan 2017)
2. Vie’an Huzair Majalawa (Matematika/Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Angkatan 2017)
3. Muhammad Rosyid Ridho (Pendidikan Matematika/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Angkatan 2016)

Bidang Fisika
1. Daniel Sugihantoro (Teknik Sipil/Fakultas Teknik/Angkatan 2018)
2. Meilani Ayu Safira (Kedokteran / Fakultas Kedokteran / Angkatan 2019)
3. Mohammad Arif M (Fisika / Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam / Angkatan 2018)

Bidang Kimia
1. Achmad Nurul Yaqin (Kedokteran/Fakultas Kedokteran / Angkatan 2019)
2. Tivano Antoni (Kedokteran/Fakultas Kedokteran/Angkatan 2019)
3. Siti Puji Lestari (Kimia/Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Angkatan 2017)

Bidang Biologi
1. Dewa Putu Adhi Nugraha Anom (Ilmu Teknologi Pangan/Fakultas Pertanian/Angkatan 2018)
2. Muhammad Fadli Muhyidin (Biologi / Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/ Angkatan 2017)
3. Yudha Waskita (Biologi/Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Angkatan 2017)

Skip to content