Berita Terkini

Dosen UNS Gelar Pelatihan Ekstraksi Zat Warna Alami untuk Puding Hias

By 16 October 2020 No Comments

UNS – Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Group Riset Sumber Daya Hayati, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Ekstraksi Zat Warna Alami dan Aplikasinya Dalam Puding Hias. Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Ibu-Ibu PKK RW 4 Karangasem, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo pada Sabtu – Minggu (10-11/10/2020).

Tim ini terdiri Dr. Fadilah, Mujtahid Kaavessina, Ph.D., Dr. Sperisa Distantina, Dr. Dwi Ardiana S, Dr. Endang Kwartiningsih, Aida Nur Ramadhani, MT dengan dibantu beberapa mahasiswa S1 dan S2 Teknik Kimia FT UNS. Dr. Endang Kwartiningsih mengatakan, agar-agar atau puding merupakan sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan.

“Puding hias merupakan kreasi dari puding untuk meningkatkan tampilan sehingga bernilai ekonomi lebih tinggi. Kreasi yang biasa dilakukan adalah dengan menambahkan suntikan agar- agar berwarna terhadap puding sehingga terbentuk hiasan tiga dimensi. Kelopak daun, bunga, putik merupakan bentuk kreasi yang dapat ditambahkan,” terang Dr. Endang, dalam rilisnya Jumat (16/10/2020).

Dr. Endang menambahkan, untuk menjamin nilai nutrisi puding, pewarna yang digunakan adalah ekstrak zat warna alami yang mengandung komponen-komponen nutraceuticals yang bermanfaat pada kesehatan. Diantaranya antosianin, betasianin, betakaroten, klorofil, dan curcumin.Warna hijau dari daun pada puding hias diperoleh dari ekstrak daun suji, daun pandan dan daun katuk. “Bunga dengan berbagai warna menambah daya tarik puding, warna merah berasal dari buah bit dan buah naga, warna orange dari biji kesumba, warna ungu dari ubi jalar ungu, warna kuning dari kunyit dan warna biru dari bunga telang,” imbuh Dr. Endang.

Karena masih dalam pandemi Covid-19, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara daring. Penjelasan materi pelatihan berupa file PPT dan video praktik ekstraksi zat warna alami dan aplikasinya pada puding hias disampaikan melalui grup WhatsApp Ibu-Ibu PKK.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai zat warna alami dan keterampilan membuat puding hias bagi Ibu-Ibu PKK. “Semoga Keterampilan yang diperoleh dapat digunakan sebagai modal dalam berwirausaha,” terang Dr. Endang. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply