Gelar Rektor Cup III, UNS Jaring Delegasi KN MIPA 2021

UNS — Guna menjaring dan mempersiapkan delegasinya dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) 2021 gelaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menyelenggarakan kompetisi internal Rektor Cup UNS bagi para mahasiswanya.

Melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Mawa) UNS beserta tim, Rektor Cup III Road to KN MIPA-PT 2021 telah membuka pendaftaran secara daring pada 1 Februari 2021 kemarin hingga 21 Februari 2021 mendatang. Adapun, bidang yang dilombakan yakni matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Kepada uns.ac.id, Rizma Yudatama selaku Ketua Panitia menuturkan, setelah pendaftaran terdapat tahap penyisihan pada tanggal 6 dan 7 Maret 2021. Yang mana di babak penyisihan akan diambil 14 orang untuk bertanding di final. “Juara dari masing-masing bidang ini nantinya akan menjadi delegasi UNS di tingkat wilayah. Setelah final akan ada pembimbingan dari dosen untuk mempersiapkan para delegasi,” jelas Rizma, Selasa (2/2/2021).

Mengingat masih dalam situasi pandemi, para peserta akan mengerjakan soal yang diberikan secara daring. Meskipun daring, Rizma berharap para peserta tetap semangat dan serius dalam kompetisi ini. “Semangat tidak cuma saat tahap seleksi, tapi juga saat pembinaan. Terlebih belajar materi KN MIPA yang tingkatnya beda dengan kuliah biasa,” ungkapnya.

Untuk menjadi peserta Rektor Cup III UNS, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Yaitu berstatus mahasiswa aktif UNS maksimal semester 8, berasal dari Program Studi (Prodi) jenjang Sarjana atau yang setara di lingkungan Kemendikbud, dan memiliki bidang ilmu MIPA atau relevan.

Selain itu, peserta juga belum pernah mendapatkan medali emas atau juara 1 masing-masing bidang dalam KN MIPA. Kemudian, khusus peserta bidang Matematika, belum pernah mengikuti International Mathematics Competition for University Student (IMC).

Bagi mahasiswa UNS yang berminat mengikuti kompetisi ini dan ingin mengasah kemampuan di bidang MIPA, dipersilakan mendaftar melalui tautan bit.ly/PendaftaranRC3UNS. Saat mendaftar, mahasiswa harus menggunakan surel UNS (@student.uns.ac.id). Informasi lebih lanjut dapat dilihat di akun instagram resminya @knmipauns. Humas UNS

Reporter: Kaffa Hidayati
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content