UNS — Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dinobatkan sebagai 20 Tim Terbaik dari 256 tim yang lolos dari 2.000 proposal ajuan dalam Program Penerima Bantuan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Rabu (20/1/20201).

Pada program ini, HM Pelita mengangkat judul penelitian berupa `Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Jamur Sebagai Daya Tarik Pengembangan Eduwisata Berbasis Pertanian di Desa Gondangmanis, Karanganyar`. Hasan Nugroho, selaku Ketua HM Pelita pada saat itu, mengaku senang atas pencapaian ini.
“Ketika HM Pelita dinobatkan sebagai 20 peraih pendanaan terbaik, kami sangat bahagia karena dari 256 yang lolos diambil 20 tim terbaik yang pastinya telah melalui proses seleksi ketat,” terang Hasan saat dihubungi tim uns.ac.id, Kamis (21/1/2021).

Menurut pengakuan Hasan, Program PHP2D ini, dilaksanakan dengan dilandasi oleh pengajuan proposal pemberdayaan yang dilakukan oleh HM Pelita pada awal bulan Juni tahun lalu. Setelah pengajuan proposal, pada bulan Agustus HM Pelita pun dinyatakan lolos untuk pelaksanaan program tersebut. Ada pun, program yang dilaksanakan adalah dengan sistem pemberdayaan masyarakat. Terdapat beberapa program yang dilaksanakan yakni pembentukan kelompok tani jamur yang dinamakan Kelompok Usaha Pengolahan Jamur (KUPJ) Gondangmanis, pelatihan pembuatan produk kripik jamur, pengurusan legalitas produksi kripik jamur, pengurusan hak merk produk jamur Japigo dan pemberian bantuan mini kios di tempat usaha.

HM Pelita menjatuhkan pilihan pada jamur sebagai produk pemberdayaan karena termasuk komoditas yang mudah untuk dibudidayakan.
“Kami memilih komoditas jamur karena merupakan komoditas yang mudah dibudidayakan dan di desa binaan kami, Desa Gondangmanis Karangpandan, ada 9 sentra budi daya yang dapat ditindaklanjuti untuk pengolahan untuk meningkatkan nilai jual,” kata Hasan.

Hasan mewakili teman-temannya, berharap bahwa program ini dapat berlanjut pada kepengurusan HM Pelita di periode selanjutnya.
“Harapan kedepan, semoga program ini dapat berlanjut di kepengurusan HM Pelita berikutnya dan bisa mendapatkan hibah PHP2D lagi atau lebih-lebih dapat mengembangkan komoditas lain di Desa Gondangmanis,” pungkas Hasan. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti