Prodi Pendidikan Geografi Gelar Workshop Literasi Digital untuk Penulisan Skripsi dan Publikasi Karya Ilmiah

Prodi Pendidikan Geografi Gelar Workshop Literasi Digital untuk Penulisan Skripsi dan Publikasi Karya Ilmiah

UNS – Program Studi (Prodi) S-1 dan S-2 Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan workshop literasi digital yang berfokus pada penulisan skripsi dan publikasi karya ilimah. Workshop ini dilaksanakan secara luring di Aula Lantai 3 Gedung G FKIP UNS dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (20/2/2024).

Kegiatan workshop ini merupakan serangkaian kegiatan dari Dies Natalis UNS ke-48 yang diselenggarakan atas kolaborasi S-1 dan S-2 Program Studi Pendidikan Geografi. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap yang dibagi menjadi 2 hari pelaksanaan. Hari pertama, diadakan workshop yang mengangkat tema literasi digital dalam penulisan skripsi dan karya ilmiah. Lalu dilanjutkan dengan strategi efektifnya dalam publikasi karya ilmiah pada hari kedua.

Dalam sambutannya, Dr. Pipit Wijayanti, S.Si, M.Sc. selaku Plt. Kepala Prodi S-1 Pendidikan Geografi, menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini ditujukan bagi mahasiswa Pendidikan Geografi semester 8 yang sedang menjalani masa skripsi. Melalui workshop literasi digital ini, harapannya dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk dapat memanfaatkan teknologi untuk berliterasi digital. Selain itu, juga diharapkan nantinya setelah menyelesaikan skripsi, mahasiswa dapat menerbitkan penelitiannya pada jurnal sehingga nantinya dapat memberikan impact kepada mahasiswa dan program studi.

Kegiatan workshop dibuka oleh Prof. Dr. Mardiyana, M.Si., selaku Dekan FKIP UNS. Ia menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang pesat, seperti munculnya Artificial Intelligence (AI) berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknologi tersebut nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai salah satu alat untuk mencari referensi skripsi, disertasi, dan berbagi bentuk penelitian lainnya. Melalui workshop ini, tema yang diangkat sangat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, khususnya pada mahasiswa tingkat akhir.

β€œWorkshop dengan literasi digital ini baik sekali, bagaimana literasi digital dapat membantu mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan skripsi. Sumber-sumber informasi saat ini sudah banyak tersebar di dunia maya sehingga mahasiswa dapat menguasai literasi digital untuk nantinya dapat diambil manfaat-manfaat positif lainnya,” ujar Prof. Mardiyana.

Kegiatan workshop ini menghadirkan pustakawan ahli madya yang berasal dari Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Purwani Istiana, S.IP., M.A. Dalam workshop tersebut, ia menyampaikan berbagai sumber-sumber informasi (e-rosurces) dan berbagai strategi dalam berliterasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan berbagai strategi dalam berliterasi digital.

Sebelum dimulainya pemaparan materi, kegiatan workshop diawali dengan pretest yang berisi beberapa pertanyaan tentang pemahaman awal sumber-sumber informasi (e-resources) dan beberapa hal yang berkaitan dengan penelitian karya ilmiah. Setelah pengisian pretest oleh seluruh peserta, kegiatan workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama berkaitan dengan penelusuran data.

β€œDalam workshop ini, fokus kita nantinya pada research data, peer review karya ilmiah yang semuanya akan kita pelajari,” ujar Dr. Purwani.

Selain itu, Dr. Purwani juga menyampaikan strategi dalam penulusuran data dari sumber-sumber informasi digital. Dijelaskan secara menyeluruh oleh Dr. Purwani terkait strategi penelusuran yang dimulai dengan registrasi pada semua database, penelusruan menggunakan exact search, set search alert, dan filter pada hasil pencarian.

Selanjutnya, disampaikan materi terkait dengan ketentuan penulisan jurnal dan manajemen sitasi, serta beberapa alat pendukung penelitian dan publikasi. Dalam workshop ini, mahasiswa juga diberikan rekomendasi terkait pemilihan jurnal yang nantinya dapat digunakan sebagai target publikasi. Pada akhir sesi, kegiatan workshop ditutup dengan post test terkait materi yang telah disampaikan dalam materi. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content