Search
Close this search box.

Produk Inovasi UNS Memiliki Daya Tarik dalam PPI Jateng 2023

UNS — Produk inovasi dari hasil karya Dosen dan Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memiliki daya Tarik dalam Pameran Produk Inovasi (PPI) Jawa Tengah (Jateng). Dalam pameran yang digelar di Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga pada Jumat (1/9/2023) hingga Minggu (3/9/2023) lalu, UNS memamerkan 19 produk inovasi.

Plt. Direktur Direktorat Inovasi dan Hilirisasi (DIH) UNS, Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D. mengatakan bahwa hadirnya pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para periset, inovator, inventor, serta menjadi ajang memamerkan produk inovasi dari instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah, lembaga pemerintah, lembaga penelitian, perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta, akademisi, sentra industri dan kerajinan, lembaga pembiayaan dan sektor bisnis kepada masyarakat terkait produk-produk inovasi yang dihasilkan. PPI Jateng tahun 2023 diikuti oleh 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi, 33 unit dari kabupaten/kota, dan 15 perguruan tinggi di Jawa Tengah.

“Mengangkat tema Innovation is The Key to The Future Advancement of Campus, UNS berharap produk inovasi yang dihasilkan mampu untuk memenuhi kebutuhan maupun menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Sehingga produk-produk tersebut dapat dikomersialisasikan untuk mensejahterakan baik inventor maupun kampus itu sendiri,” terang Prof. Venty, Kamis (7/3/2023).

Produk inovasi yang diikutsertakan dalam pameran ini adalah produk-produk yang dihasilkan dari kegiatan hibah inovasi UNS skema PPI, P3SD, dan Semesta, kedaireka, maupun program pendanaan lain yang dikelola oleh Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS. UNS memamerkan produk inovasi yang sudah siap untuk dikomersialisasikan bahkan beberapa produk sudah memiliki badan usaha untuk kegiatan komersialisasi produk.

Beberapa produk inovasi unggulan yang telah melakukan kegiatan komersialisasi adalah Ekolektrik (jasa konversi motor BBM ke listrik), Polimikro (bahan baku baterai lithium), Batex (produk baterai lithium), Panensia (bumbu dan rempah bubuk), dan U&S Organic Body Care (Skincare berbahan aloe vera). UNS juga memamerkan alat-alat inovasi ciptaan dosen dan mahasiswa yang sudah siap untuk dihilirisasi seperti alat pengusir hama, alat pendeteksi banjir, alat otomatis greenhouse.

“Banyak pengunjung yang tertarik dengan produk-produk inovasi dari UNS yang dipamerkan. Pada akhir pameran, UNS meraih posisi kedua sebagai booth terbaik dalam kategori perguruan tinggi,” imbuh Prof. Venty. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content