Berita TerkiniCovid-19

SAR UNS Lakukan Pembersihan Cegah Penyebaran Covid-19 di Mojosongo

By 23 March 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Siaran Pers
Nomor: 55/HUMAS/UNS/III/2020
Senin, 23 Maret 2020

UNS – Melihat tingginya potensi penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) di pemukiman dan tempat beraktivitas warga, Badan Koordinasi Pelaksana (Bakorlak) Search and Rescue (SAR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kegiatan pembersihan pada Minggu (22/3/2020). Kegiatan pembersihan oleh SAR UNS tersebut digelar di dua lokasi yang berbeda, yaitu di SMPN 5 Surakarta dan Yayasan Al Kahfi, Kelurahan Mojosongo, Surakarta.

Mojosongo yang menjadi lokasi pembersihan oleh Bakorlak SAR UNS merupakan salah satu wilayah yang saat ini sedang dalam pantauan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta terkait penyebaran Covid-19. Hal tersebut disebabkan oleh ditemukannya pasien positif Covid-19 di Mojosongo. Selain itu, 17 rumah di wilayah Mojosongo saat ini juga sedang diisolasi akibat tidak disiplinnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 selama menjalani masa karantina.

Langkah pembersihan yang dilakukan oleh Bakorlak SAR UNS menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tak semakin meluas.

“Jadi ini upaya dari Bakorlak SAR UNS untuk ikut memerangi corona dengan kegiatan pembersihan. Kegiatan ini juga merupakan instruksi arahan walikota. Namun, dibagi menjadi beberapa tim,” ujar salah satu anggota Bakorlak SAR UNS, Al Ayyubi.

Dalam pelaksanaannya, Ayub menjelaskan bahwa saat kegiatan pembersihan, Bakorlak SAR UNS menerjunkan 7 personil dengan didukung oleh satu mobil sebagai armada. Personil Bakorlak SAR UNS tersebut tentunya dibekali dengan peralatan pendukung, seperti 2 set alat semprot disinfektan dan alat pelindung diri (APD). Saat tiba di lokasi, personil Bakorlak SAR UNS langsung melindungi diri mereka dengan APD dan mulai menyemprotkan cairan disinfektan di masing-masing ruangan.

“Di mulai operasi jam 09.00 sampai selesai. Ini ada 7 anggota dan kegiatan dilakukan secara bergantian dengan satu komando. Personil dibagi menjadi beberapa SRU dengan tupoksi masing-masing, seperti tim lapangan, logistik, dan dokumentasi. Kegiatan ini juga berjalan lancar dan tentunya masing-masing anggota diberi dukungan logistik dan vitamin,” tambahnya.

Saat ditanya mengenai keberlanjutan kegiatan pembersihan ini, Ayub mengatakan bahwa ia bersama rekan-rekannya akan terus melakukan kegiatan tersebut bersama personil gabungan lainnya, seperti dari SAR KREST, PDAM, Dinas Pertanian KPP, Pemadam Kebakaran, dan Personil TNI/ Polri.

Kedepannya, Ayub juga mengatakan bila Bakorlak SAR UNS akan melakukan kegiatan dalam rangka mengedukasi masyarakat dalam pencegahan Covid-19 dan ia juga berharap agar langkah Bakorlak SAR UNS mendapat dukungan dari banyak pihak.Humas UNS/Yefta

Leave a Reply