Sebelas Jenis Jenang Ramaikan Semarfest 2019

UNS—Sebelas jenis jenang turut meramaikan gelaran Sebelas Maret Festival (Semarfest) 2019. Semarfest yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat (8/3/2019) dan Sabtu (9/3/2019).

Ketua Semarfest 2019, Ary Setyawan mengatakan, sebelas jenis jenang yang akan dibagikan ini diantaranya jenang sumsum, jenang abang putih, jenang abang, jenang grendul, jenang procotan, jenang tumpang, dan lain sebagainya. Jenang akan dibagikan usai senam bersama dan jalan sehat keluarga UNS pada Sabtu (9/3) besok. Jenang bisa dinikmati seluruh civitas akademika serta masyarakat yang datang ke kampus. Panitia menyediakan 11.000 mangkok jenang untuk acara ini.

“Jenang memiliki filosofi dan menjadi simbol yang diyakini masyarakat Jawa. Selain sebagai rasa syukur kepada Tuhan, jenang juga dijadikan simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat bagi masyarakat. Kemudian terkait angka 11, dalam Bahasa Inggris adalah eleven, bagi UNS menjadi tema besar. Yakni Eleven to Elevate atau angka sebelas untuk meningkat statusnya karena pada tahun ini, UNS meningkat statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” kata Ary, Selasa (5/3/2019).

Pembagian 11.000 mangkok jenang ini bersamaan dengan peresmian danau UNS oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Pihaknya berharap masyarakat bisa hadir di kampus. Bukan hanya menyaksikan pameran tetapi juga mengunjungi fakultas- fakultas maupun unit kerja yang ada. “Seluruhnya akan dibuka untuk umum atau istilahnya open house untuk masyarakat. Open House sekaligus mempromosikan dan mengenalkan UNS pada masyarakat,” imbuhnya.

Selain bagi-bagi jenang, beragam kegiatan juga akan digelar dalam rangka rangka Semarfest 2019. Seperti festival band cinta tanah air dan fashion show batik oleh para pejabat di UNS yang sejauh ini pesertanya sekitar 100 orang. Humas UNS

Skip to content