UNS Gelar Pameran Proyek Kreatif Mahasiswa Elektro

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pameran proyek kreatif dengan menampilkan 61 hasil karya mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNS. Pameran ini diadakan di halaman depan Gedung 3 Fakultas Teknik, Senin (7/1/2019).

“Proyek kreatif ini diikuti oleh mahasiswa teknik elektro. Dari angkatan 17, ada 35 karya. Angkatan 16 itu ada sekitar 20 karya. Lalu ada angkatan 15, ada 6 karya. Jadi totalnya sekitar 61 peserta pameran,” kata Ketua Panitia Kegiatan Pameran Fahmi Ismail.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa Teknik Elektro. Beda dari periode sebelumnya, pameran kali ini mengambil tema “Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Era Industri 4.0”. “Dengan tema tersebut, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan daya kreatifitas dan adaptasi terhadap pergantian zaman,” ungkap Fahmi.

Jemuran Otomatis Berbasis Arduino (Jomblo), salah satu karya mahasiswa Teknik Elektro

Menurut dia, ada banyak produk menarik yang dipamerkan dalam ajang ini, terutama yang berbasis Artificial Intelegent (AI) dan Internet of Things (IoT). Di antaranya Smart Home Automation with Google Asistance (MANTAN), jemuran otomatis berbasis arduino (Jomblo), sistem monitoring polusi udara dan detak jantung, sistem parkir dengan sensor ultrasonik dan mesin voting (Sinting).

Selain itu, ada pula berbagai jenis robot. Mulai dari mini robot vacuum cleaner, tangan robot pengikut gerak, avoider robot dengan 3 sensor ultrasonik, hingga robot sekuriti (Stavobot).

“Penggunaan AI itu diprediksi akan semakin pesat di era industri 4.0. Sementara IoT itu berkaitan dengan sinyal. Kedepannya itu sinyal semakin dibutuhkan. Sekarang saja sudah ada teknologi 5G. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, pengunaan IoT akan semakin banyak. Jadi semuanya bisa dikontrol menggunakan internet. Misalnya, untuk mematikan lampu tidak perlu secara fisik tapi bisa melalui ponsel,” terangnya.

Selain pameran proyek kreatif, Prodi Teknik Elektro juga menggelar kuliah umum tentang Keselamaran dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kampus. Kuliah umum tersebut menghadirkan narasumber Kepala Departemen Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Indonesia (UI), Indri Hapsari Susilowati, S.KM, M.KKK, Ph.D. Humas UNS

By | 2019-01-08T13:50:59+07:00 08 January 2019|Categories: Berita Terkini|