Berita Terkini

UNS Raih Bintang Tiga Versi QS

By 21 December 2018 December 31st, 2018 No Comments
UNS Raih Bintang Tiga Versi QS Stars

UNS – Di akhir tahun 2018 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi yang gemilang yaitu meraih Bintang Tiga dari Quacquarelli Symonds (QS) Star University Rating 2018. QS Star University Rating UNS pada tahun 2018 ini naik menjadi bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional UNS, Taufik Al Makmun mengatakan, QS Star University Rating dikeluarkan tiap tiga tahun. Pemeringkatan tersebut berbeda dengan QS ranking yang dikeluarkan tiap tahun. Taufik menjelaskan, terdapat tujuh kategori yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut. Diantaranya teaching, employability, research, internationalization, facilities, social responsibility dan inclusiveness. “Masing-masing kategori mendapatkan penilai dengan rentang 1-5. Dari tujuh kategori ini, tiga diantaranya yaitu  employability, social responsibility dan inclusiveness meraih bintang lima atau maksimal. Sedangkan untuk kategori teaching memperoleh bintang tiga, kategori research mendapat bintang dua, internationalization dan facilities meraih bintang tiga. Dari penilaian keseluruhan tujuh kategori ini, UNS mendaparkan rating bintang tiga,” terang Taufik.

Menurut Taufik, dari hasil QS Star University Rating 2018, UNS memiliki perfoma maksimal terkait daya serap lulusan dan kecepatan lulusan terserap oleh pengguna lulusan ( employability), kepedulian sosial (social responsibility) melalui pengabdian masyarakat, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan pemberian beasiswa bagi anak kurang mampu. Lalu untuk perfoma lain adalah akses bagi penyandang disabilitas dan pemberian kesempatan belajar bagi lebih banyak pihak (inclusiveness). Kemudian untuk kategori yang belum dapat mencapai maksimal bintang lima akan terus dilakukan pembenahan.

“Dengan perolehan bintang tiga ini diharapkan bisa memacu UNS untuk terus berkembang agar memperoleh pengakuan internasional,” katanya. Humas UNS

Leave a Reply