UPT Perpustakaan UNS Gelar Online Literacy Series 2024

UPT Perpustakaan UNS Gelar Online Literacy Series 2024

UNS — UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan webinar online literacy series 2024. Kegiatan webinar ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara berseri dengan tema yang berbeda-beda di setiap serinya. Pada seri pertama ini disampaikan bagaimana menentukan topik penelitian sampai dengan persiapan publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi. Webinar diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara dibuka oleh Plt Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, S.H., M.H., M.SI., Ph.D. dengan pembicara utama, Riah Wiratningsih, S.S., M.Si., selaku Koordinator Bidang Layanan Bahan Pustaka UPT Perpustakaan UNS.

“Melalui webinar ini harapannya dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana memilih dan menentukan topik penelitian dimana hal ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan sebuah penelitian. Penentuan topik penelitian ini penting dilakukan oleh peneliti karena topik inilah yang akan menjadi fokus utama penelitian. Topik penelitian yang tepat sesuai dengan bidang keilmuan peneliti akan mempengaruhi ke dalam pembahasan dan pemahaman peneliti,” ujar Burhanudin Harahap di sela-sela acara yang digelar   pada Rabu (21/2/2024).

Narasumber webinar, Riah Wiratningsih, S.S., M.Si., membahas terkait bagaimana cara menentukan topik penelitian. “Harapannya dengan penentuan topik yang benar, penelitian kita tidak akan terputus ditengah jalan. Karena ada beberapa kasus akhirnya penelitiannya harus ganti dalam hal ini kita harus berpikir untuk bisa menjawab 5W (Why, What, Who, Where, When),” terang Riah Wiratningsih. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content