Workshop Mahasiswa UNS Berikan Pemuda Desa Ngargoyoso Keterampilan Pemasaran Digital

Workshop Mahasiswa UNS Berikan Pemuda Desa Ngargoyoso Keterampilan Pemasaran Digital

UNS — Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Komadiksi Smart Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan kegiatan Workshop Digital Marketing. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Ngargoyoso, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (1/10/2023). Peserta workshop meliputi Karang Taruna Kridha Utama, Sekretaris Desa Ngargoyoso, serta Bumdes Desa Ngargoyoso.

Kegiatan pelatihan ini berfokus pada bagaimana cara mengenai pengembangan, strategi pemasaran, penggunaan media daring serta izin usaha untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). PPK Ormawa Komadiksi Smart UNS mengundang Fiska Amanda Mulia, S.Pd., yang merupakan wirausahawan dan Alumnus UNS sebagai pembicara.

Kepada uns.ac.id, Lintang Aprilia selaku perwakilan tim PPK Ormawa Komadiksi Smart UNS menyampaikan tujuan workshop sebagai upaya persuasif dalam membantu pemasaran produk lokal. Langkah ini guna memperluas promosi dan membantu perekonomian desa. Beberapa produk dihasilkan Desa Ngargoyoso melalui Kelompok Wanita Tani Candrawati Mandiri. Produk tersebut seperti tepung mocaf dan mie mocaf.

“Workshop digital marketing kali ini dilaksanakan untuk membuat para pemuda-pemudi ikut turut aktif dalam membantu pemasaran secara luas dari produk yang telah dibuat oleh Ibu-Ibu KWT Candrawati Mandiri berupa tepung mocaf dan mie mocaf, sehingga produk tersebut dapat dikenal luas oleh masyarakat dan membantu perekonomian di Desa Ngargoyoso menjadi lebih baik,” ujar Lintang Aprilia.

Fiska dalam pemaparannya mengaku antusias berbagi pengalaman seputar pemasaran digital. Para peserta yang mayoritas adalah generasi muda tentu lebih dekat dengan penggunaan teknologi. Menurutnya, pemasaran secara daring yang dilakukan para pemuda desa akan membantu mendapatkan target pasar yang tepat dan jangkauan pasar yang luas. Peluang mendapatkan pelanggan akan semakin besar dan promosi yang dilakukan akan semakin kuat.

“Saya senang dapat memberikan materi digital marketing kepada pemuda-pemudi dari Karang Taruna Kridha Utama yang masih bersemangat dalam belajar terkait pemasaran online, karena saat ini masyarakat sangat terhubung secara digital. Maka, hal tersebut membantu para ibu-ibu yang tidak terlalu paham dengan market online, sehingga dengan adanya pemuda ini sangat membantu untuk melakukan pemasaran online dalam menargetkan pasar dengan tepat, jangkauan pasar menjadi luas, peluang untuk mendapatkan customer semakin besar serta semakin memperkuat branding khususnya pada tepung mie mocaf dan mie mocaf yang telah dibuat oleh Ibu-Ibu Candrawati Mandiri,” ujar Fiska Amanda Mulia, S.Pd.

Harapan Tim PPK Ormawa Komadiksi Smart UNS para pemuda desa dapat mengimplementasikan produk tepung mocaf dan mie mocaf melalui aplikasi pemasaran digital. Hal tersebut nantinya dapat memperkuat branding dari produk serta mendapatkan pelanggan yang banyak serta meluas di berbagai daerah dan dapat mengenalkan produk Tepung Mocaf dan Mie Mocaf yang telah dibuat oleh KWT Candrawati Mandiri dari Desa Ngargoyoso. Langkah ini sebagai upaya menjadikan Desa Ngargoyoso sebagai desa wirausaha dan membuat perekonomian lebih baik untuk masyarakat. *Humas UNS*

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content