Penuh Kisah Inspiratif, Wedangan IKA UNS Hadirkan Alumni Berprestasi Tahun 2021

UNS — Menjelang Dies Natalis ke-45 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Wedangan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS kembali terselenggara dengan menghadirkan Alumni Berprestasi UNS tahun 2021. Pada seri ke-48 ini, alumni yang berprestasi di bidang masing-masing membagikan pengalaman, testimoni, hingga falsafah hidup kepada semua yang hadir dalam webinar kali ini. Total 13 alumni berprestasi yang berasal dari 11 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pasca Sarjama hadir dalam Zoom Cloud Meeting yang mana juga disiarkan secara livestream di kanal Youtube resmi UNS, Rabu (10/3/2021).

Tiga belas insan hebat ini ialah Ir. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. yang merupakan Walikota Pontianak, Wahyu Kuncoro yang menjabat sebagai Direktur Utama Perhutani, Ubaidi Socheh Hamdi, S.E., M.M. yang menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (PKAPBN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, Yossy Istanto, S.H., M.Hum. yang menjabat sebagai Direktur Bank Tabungan Negara (BTN), Brigjend TNI dr. Agung Hermawanto, Sp.KJ., M.M.R.S. yang menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Kol. Dr. Yulianto Hadi, M.M. yang menjabat sebagai Kepala SMA Pradita Dirgantara, Letkol Inf. Rois Nahrudin, S.S., M.Appling., CALL. yang menjabat sebagai Widyaiswara Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia, Dr. Dicky Sumarsono, M.M., CHA. yang merupakan CEO Azana Hotel & Resort, Dr. Sumardyono, M.Pd. yang menjabat sebagai Direktur SEAMEO SEAQIM, A. Tonny Trimarsanto, S.Sos, M.Sn. yang merupakan Sutradara Film, Eunike Nugroho, S.Sn. M. Agung Wijannarko, A.Md., S.Hum. yang merupakan Vendor Manager SEAtongue, serta Yuni Susanti, S.Kom., M.Eng., Ph.D. yang merupakan seorang AI Researcher Fujitsu Japan.

Walikota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono membuka success story pada malam itu dengan menceritakan perjalanan semasa berkuliah hingga perjalanan karier hingga saat ini menjadi Walikota Pontianak. Alumnus Fakultas Teknik (FT) ini pun menceritakan kesan-kesan semasa tinggal di Solo, termasuk bercerita tentang soto gading yang menjadi makanan kesukaan orang yang akrab dipangging Bang Edi ini.

“Banyak kesan yang indah dan terindah di Kota Solo. Kota Solo dianggap sebagai kota kedua saya yang terus menjadi kenangan manis,” ungkap Ir. Edi.

“Nah mudah-mudahan UNS terus jaya, terus berkibar, dan bermanfaat untuk adik-adik mahasiswa. Terus tingkatkan kompetensi, semangat, dan intinya saya berpesan kerja yang ikhlas dan terus bisa membangun. Sehingga kita sebagai alumni UNS yang membanggakan ini, bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dimana tempat kita berada dan khususnya Indonesia,” tambah Ir. Edi.

Succes story berikutnya hadir dari seorang alumnus Fakultas Pertanian (FP) UNS yaitu Wahyu Kuncoro yang kini menjabat sebagai Direktur Utama Perum Perhutani. Beliau mengaku sangat menikmati masa kuliahnya karena lebih sering kerja praktik di lapangan sehingga lebih sering “jalan-jalan” dan banyak belajar ketika itu. Beliau mengawali kariernya di sebuah perusahaan perkebunan swasta di Kota Semarang. Setelahnya melanjutkan karier dengan mengikuti seleksi di Departemen Keuangan pada tahun 1996.

“Saya merasa asing waktu itu. Fakultas saya pertanian, saya diterima di Departemen Keuangan. Setiap hari saya mesti membaca laporan keuangan. Nah ini juga menginspirasi teman-teman, menurut saya jangan khawatir apapun latarbelakang sekolah kita. Saya pikir kita kalo ada kemauan pasti bisa melaksanakan pekerjaan dengan baik,” ujar Wahyu Kuncoro.

Dalam dunia pendidikan, turut hadir menceritakan kisah inspiartifnya yaitu Kol. Dr. Yulianto Hadi, M.M. yang merupakan alumnus Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS dan saat ini menjadi Kepala SMA Pradita Dirgantara.

“Harapan saya kepada adik-adik mahasiswa tentunya. Jangan kendor, teruslah belajar, dan kembangkan diri seoptimal mungkin. Kemampuan diri, ketahui posisi diri sendiri dan kemampuan diri sendiri ada dimana. Ketahui kekurangan diri sendiri, itu harus terus ditempa, itu harus terus dibina supaya betul-betul bisa optimal kemampuan kita. Dengan demikian kita Inshaallah akan bisa optimal,” harap Dr. Yulianto Hadi.

Cerita tak kalah menarik disampaikan oleh A. Tonny Trimarsanto, S.Sos., M.Sn. yang merupakan Sutradara Film dengan banyak prestasi dan penghargaan. Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS ini mengungkapkan bahwa proses yang dijalani selama hidup menjadi jalan dalam bagaimana seseorang dapat menemukan karakter, keterampilan, dan spesialisasi. Tidak lupa juga Tonny bercerita pengalaman semasa berkuliah di UNS.

“Satu hal yang saya pelajari ketika kuliah adalah berjejaring menjadi penting, kenal orang itu menjadi penting. Justru malah pengetahuan-pengetahuan akademis, profesionalitas, keterampilan, skill itu justru malah saya pelajari dari luar,” ungkap Tonny.

Masih banyak lagi kisah inspiratif yang tersaji oleh seluruh alumni berprestasi yang hadir pada gelaran Wedangan IKA UNS seri ke-48 ini. Dalam penutupannya, Elizabeth Sudira selaku moderator kali ini merangkumkan pesan penting yang telah disampaikan oleh seluruh narasumber. Antusiasme dalan menimba ilmu semasa kuliah perlu juga dibarengi dengan dengan membangun jejaring sosial yang mendukung. Menjadi mahasiswa tidak hanya mengenai belajar di kelas, tetapi belajar menjalani hidup yang sebenarnya. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content