Covid-19Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Berikan Edukasi Tentang Covid-19 di Batang

By 24 June 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS— Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ratna Intan Sari memberikan edukasi terkait Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) kepada warga di Desa Sidayu RT 01/ RW 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Covid-19 UNS.

Kepada uns.ac.id, Ratna mengatakan alasan melakukan edukasi Covid-19 di Desa Sidayu karena di kawasan tersebut, pemahaman masyarakat terkait dengan Covid-19 masih rendah. Selain itu, Kecamatan Bandar sempat ditetapkan sebagai daerah zona merah karena terdapat Orang Dengan Pengawasan (ODP) dan satu kasus positif Covid-19.

Dengan mengangkat tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19, Ratna melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya melakukan sosialisasi daring seputar Covid-19 yang dilaksanakan melalui grup sosial media beranggotakan warga Desa Sidayu dan bekerja sama dengan bidang media dari komunitas Batang (IMASKABA). Lalu penempelan selebaran dan poster tentang Covid-19 di lingkungan Desa Sidayu. Kemudian melakukan pemberdayaan penjahit dengan pembuatan masker kain, lalu edukasi cara pakai dan cuci masker kain secara daring dengan pembuatan video maupun secara langsung disertai dengan penjelasan. Kemudian Ratna juga memberikan pemahaman terkait dengan ketahanan pangan untuk warga terdampak Covid-19 dan penempelan stiker info mini Covid-19.

“Dan Alhamdulillah kegiatan KKN Covid-19 ini mendapat respon yang baik dari pihak desa maupun masyarakat. Melalui program KKN Covid-19 UNS ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat secara nyata dalam menghadapi Covid-19,” terang Ratna, Rabu (24/6/2020).

Sementara itu, Ketua RT 01 Desa Sidayu, Sahrir, menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNS terkait adanya program KKN Covid-19 ini. “Bagus, apalagi lingkungan di sini memang butuh edukasi dan pemahaman tentang Covid-19. Pemberdayaan penjahit juga sangat membantu, hasilnya dapat bermanfaat. Dengan terlaksananya program KKN UNS ini, mampu meningkatkan pemahaman masyarakat Desa Sidayu sehingga bisa lebih waspada dalam menghadapi Covid-19,” ujar Sahrir.

Sedangkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Covid-19 UNS, Winarno, S.Si., M.Eng menyampaikan bahwa UNS mengarahkan kegiatan KKN bagi mahasiswa semester enam dalam bentuk kegiatan relawan UNS tanggap wabah Covid-19 di daerah tempat tinggal masing-masing. Kegiatan tersebut menjadi langkah alternatif yang dicanangkan oleh Pengelola KKN UNS sebagai bentuk recognisi dari kegiatan KKN dalam masa pandemi Covid-19. “Diharapkan para penggiat intelektual sesuai dengan bidang keilmuannya mampu membantu penanganan Covid-19 secara nyata kepada masyarakat,” ujar Winarno. Humas UNS/Dwi

Leave a Reply