Search
Close this search box.

Pesan Plt. Rektor UNS kepada Wisudawan: Knowledge is Power but Character is More

UNS – Plt. Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., berpesan untuk mengiringi kepintaran dengan karakter yang luhur. Hal ini beliau sampaikan dalam sambutan Wisuda Periode V tahun 2024, Sabtu (15/6/2024). Acara yang diikuti 785 wisudawan ini bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

“Knowledge is power but character is more. Karena kepintaran tak ada manfaatnya bila tak diiringi karakter yang baik,” pesan Dr. Chatarina.

Selama menimba ilmu di bangku perkuliahan, para wisudawan memang memperoleh segudang pengetahuan. Namun, yang tidak kalah penting adalah pengembangan keterampilan non teknis. Hal ini seperti kemampuan berpikir kritis, komunikasi yang efektif, dan kepemimpinan. Semua itu dapat meningkatkan kualitas karakter yang wisudawan miliki.

Selaku Pimpinan UNS, Dr. Chatarina menegaskan pentingnya memiliki karakter luhur. Perilaku yang ditunjukkan adalah manifestasi dari karakter pada diri seseorang. Beliau menitipkan petuah yang berbunyi “Jika kamu ingin mengubah nasibmu maka ubahlah attitude-mu”.

Dalam kesempatan ini juga, Dr. Chatarina menyapa para wisudawan UNS dengan penuh kebanggaan. Mereka nampak anggun dan menawan dalam balutan toga wisuda sebagai tanda kelulusan. Rasa suka cita terpancar dari raut wajah wisudawan, orang tua, dan wali yang hadir.

Dr. Chatarina yakin, selama wisudawan menjalani masa pendidikan di Kampus UNS, banyak pengalaman, pelajaran, dan ilmu yang telah diperoleh. Beliau berharap semua itu dapat mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan dalam menempuh jenjang kehidupan berikutnya.

“Atas nama segenap pimpinan UNS, kami mengucapkan selamat dan sukses kepada 785 wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan pendidikannya dengan menyandang gelar akademik sesuai jenjang dan bidang studinya,” ucap Beliau.

Kelulusan hari ini menjadi bukti dari kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas dari para Wisudawan UNS. Dedikasi dan ketekunan mereka selama bertahun-tahun menempuh pendidikan membuahkan hasil yang manis. Kelulusan ini menjadi bukti kemenangan dalam salah satu babak kehidupan.

Babak kehidupan baru yang penuh tantangan akan segera mereka mulai. Terjun dan menjadi bagian dari masyarakat menjadi hal yang kian nyata. Ada peluang yang dapat mereka manfaatkan, tetapi terdapat tantangan pula yang menghadang. Pasalnya, dinamika global sedang dihadapi oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sebagai lulusan UNS, Dr. Chatarina berharap para wisudawan mampu menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat. Kontribusi terbaik dalam bidang masing-masing sangat ditunggu untuk mengurai permasalahan yang ada. Tidak hanya menjadi bagian dari solusi, tetapi juga menjadi penggerak utama dalam mengatasi berbagai masalah.

“Jadilah pemimpin yang bertanggung jawab, inovatif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” pesan Dr. Chatarina.

Prasetya Alumni yang telah diikrarkan Wisudawan UNS turut menjadi janji dan komitmen kepada negara dan almamater. “Mangesthi Luhur Ambangun Nagara” dimaknai bercita-cita luhur membangun negara. Hal inilah yang perlu diingat sebagai tanggung jawab kewajiban bersama.

Plt. Rektor UNS kemudian menutup sambutannya dengan pantun perpisahan dan nasihat. Rasa haru dan bahagia nampak dari tamu undangan yang hadir. Suasana hangat turut menyelimuti Auditorium UNS. Dengan ini, Wisuda Periode V tahun 2024 resmi berakhir.
Humas UNS

Reporter: R. P. Adji
Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content