Pidato Rektor

Sambutan Rektor UNS pada Acara Wisuda Sarjana, 24 Agustus 2019 di Auditorium Universitas Sebelas Maret

By 30 August 2019 No Comments

Bismillahirahmanirakhim,

Salam Sejahtera,
Om swasti astu om,
Namo Budaye,
Salam Kebajikan,

Ysh. Pimpinan Ketua, Sekretaris dan anggota Senat
Ysh. Pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga dan Program Pascasarjana.
Ysh. Bpk Ibu hadirin yang berbahagia
Ysh dan saya banggakan wisudawan/wati semuanya

Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh,
Suatu nikmat Tuhan YME yang patut kita syukuri pada hari ini, di pagi hari ini, kita bersilaturahmi dan berkumpul bersama di Gedung GPH Haryo Mataram, Auditorium Universitas Sebelas Maret untuk mengikuti prosesi wisuda pasca sarjana, sarjana dan diploma; dalam keadaaan yang sehat dan dalam suasana optimis menyambut suatu masa depan yang gemilang untuk kita bersama.

Bapak Ibu Sdr wisudawan/wati yang berbahagia,
Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu yang sudah anda dapatkan di kampus ini akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan. Karena belajar itu adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu, bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.
Satu paket curriculum sudah anda selesaikan, artinya anda telah menyelesaikan sebuah perhelatan lari di sebuah lintasan, dan hari ini adalah ujung atau garis finish dari lintasan itu. Karena curriculum dari bahasa Yunani adalah curee atau courir. Di Indonesia kata tersebut menjadi kurir yang kalau orang kita menterjemahkan adalah orang yang mengantar surat, tapi makna kurir yang sesungguhnya adalah berlari, yaitu berlari melintasi setiap tahapan kebisaan atau kompetensi.

Dan hari ini lengkap sudah kompetensi anda sebagai seorang ahli Madya, seorang Sarjana dan Pasca Sarjana (Seorang Master dan Doktor). Namun sekali lagi, kurir anda tidak boleh terhenti, karena anda harus melangkapi kebisaan anda sampai akhir hayat nanti sehingga anda mempunyai Curriculum Vitae yang indah, yang tatkala tiada nanti seperti gajah yang meninggalkan gading, seperti macan yang meninggalkan belang. Dan kita tiada nanti meninggalkan nama baik yang tertulis dalam Curriculum Vitae.
Dan dalam berlari menempuh lintasan curriculum ini, tidak ada halangan apapun buat kita semua meski dengan keterbatasan kondisi tubuh kita, kita musti semangat untuk menyelesaikan amanah belajar ini. Untuk itu, saya pribadi dan pimpinan universitas memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Sri Sugiyanti putri dari Bpk/Ibu Sugimin dan Sdr Misbahul Arifin putra dari Bpk/Ibu Zainul Arifin yang BERKEBUTUHAN KHUSUS, telah menyelesaikan studinya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. “Kami persilakan untuk berdiri Mbak Sugiyanti dan Mas Misbahul, aplaus…..untuk mereka berdua”.

Hadirin yang saya hormati, terutama para wisudawan dan wisudawati,
UNS pada tanggal 17 Agustus 2019 tepat di usia 74 tahun kemerdekaan RI kemarin sudah dinobatkan oleh Kemenristekdikti sebagai universitas yang berada pada kluster I universitas terbaik di Indonesia. Dan demikian juga menurut Webometrics, UNS berada dalam 10 besar universitas terbaik se-Indonesia. Artinya, anda tidak perlu minder, inferier dan berkecil hati ketika nanti bersaing dan berkompetisi dalam menempuh karir di dunia kerja. Kalian semua se-level, sepadan dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia. Apalagi di kampus ini, anda dibekali dengan kearifan lokal berupa : kemauan untuk bekerja keras dan kemampuan bekerjasama yang baik. Sehingga dengan bekal tersebut, anda akan mampu berkiprah dan bersama-sama membesarkan nama Universitas Sebelas Maret. Jangan ragu menerobos berkompetisi masuk ke dalam institusi bergengsi dunia, disanalah tempat kalian berkarir.

Bapak, Ibu dan hadirin yang berbahagia,
Hari ini melalui acara prosesi wisuda, almamater anda atau Ibu pengasuh atau lebih tepatnya makna almamater adalah Ibu yang memberi Ilmu, akan melepas dan menyerahkan kembali kepada orang tua kandung kalian : “Bapak Ibu….saya haturkan kembali putra putri terbaik Bpk Ibu dalam keadaan beriman, sehat, cerdas berilmu dan siap meneruskan cita-cita perjuangan Bpk Ibu sekalian…” Saya berpesan kepada kalian semua, jika kalian nanti sudah mengarungi dan sukses menempuh cita-cita dan kalian kangen dengan Ibu mu yang memberi pengetahuan ini, maka pulanglah…pulanglah ke pangkuan almamatermu, pintu kami buka selelebar-lebarnya, untuk kalian nanti bernostalgi dengan airnya danau faperta, atau bersama menikmati kembali musim gugur bunga angsana di bulan oktober, atau mungkin makan siang bersama di kantin fakultas masing-masing. Air, bunga angsana dan makan siang di kampus ini adalah memori kolektif untuk kalian tidak melupakan almamater tercinta : Universitas Sebelas Maret. Jagalah nama baiknya, dengan bekerja dan berkarya sepenuh hati. Kebesaran nama dan prestasi kalian kelak adalah kebesaran almamater kita bersama.
Dan hari ini secara khusus, saya pribadi dan pimpinan dan para anggota senat yang hadir didepan kita semua, mengajak dengan menundukkan hati, menundukkan jiwa, merendahkan suara untuk mendoakan Almarhumah Sdri Irza Laila Nur Trisnha Winandi putri dari Bpk Nurokhman dan Ibu Dwi Yani Merbawaningrum yang telah menyelesaikan amanahnya di kampus ini dan menyelesaikan perjalanan amanah kehidupan didunia ini untuk menuju kehidupan yang abadi disisi Alloh SWT. Almarhumah Irza Laila telah meninggalkan kita semua, tapi juga telah meninggalkan nama dan meninggalkan curriculum vitae yang patut kita teladani bersama. Kami mohon hadirin untuk berdiri dan mengheningkan cipta sejenak : “berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, mulai……selesai”. Semoga almarhumah tenang dan senang melihat kita semua berkumpul di tempat ini, dan semoga Alloh SWT memberikan tempat sebaik-baiknya tempat bagi ananda tercinta Irza Laila.

Sekian dari kami, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Terima kasih
Wassalamualaikum Wr Wb.

Rektor,

Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum

Leave a Reply