Pidato Rektor

Sambutan Rektor UNS pada Acara Penganugerahan Apresiasi Prestasi Pancasila, 19 Agustus 2019 di De Tjolomadu

By 30 August 2019 No Comments

Bismillahirahmanirakhim,
Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh,
Salam Sejahtera,
Om swasti astu om,
Namo Budaye,
Salam Kebajikan,

Ysh. Pimpinan BPIP dan Penerima Apresiasi Prestasi Pancasila,

Pertama sekali, saya mengucapkan selamat datang di Ruangan yang megah dan penuh dengan makna sejarah, yaitu Pabrik Gula Tjolomadu yang didirikan oleh Mangkunegoro IV pada tahun 1861. Maka tidak heran dengan pabrik gula sebesar ini, kota Solo sangat manis budi bahasanya, manis budi pekertinya, manis orang-orangnya sampai manis masakan kuliner-nya.

De Tjolomadu adalah Sebuah artefak dan kawasan kota yang kaya dengan nilai historis, kaya dengan peradaban dan kaya dengan budaya serta kreatifitas. Maka sangatlah tepat jika perhelatan besar BPIP, yaitu penganugerahan Apresiasi Prestasi Pancasila tahun ini diselenggarakan di kota Solo atau Surakarta Hadiningrat.
Mohon ijin dan berkenan, Bapak Ibu saat ini kita berada tidak jauh (kurang lebih 4 Km) dari bekas Keraton Mataram di Kartasura sebelum Mataram terbagi menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta serta Mangkunegaran. Bapak Ibu dan saudara semuanya yang saya hormati, disini kita akan mendapati jejak jalannya peradaban yang sudah ada sejak kerajaan Mataram sebelum berpindah ke desa Sala. Jejak-jejak itu adalah bukti dari akar-akar kepemimpinan yang sudah tertanam di kota ini. Juga seperti yang saya sampaikan tadi pagi pada saat pembukaan acara seminar, bahwa disini sudah terjadi perpindahan Ibukota atau pusat kerajaan dari Kartasura ke Surakarta. Dan tidak terjadi masalah yang signifikan, dengan perencanaan dan tata kota yang sangat teratur seperti yang tertulis pada Buku Toponimi Kota Solo.

Bapak Ibu yang saya hormati, Kami mengucapakan selamat kepada seluruh penerima apresiasi prestasi Pancasila. Semoga dengan anugerah tersebut, kita semua dapat mendapatkan teladan-teladan baru kedepan dalam pengamalan Pancasila. Kami sangat optimis dan yakin, revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi akan mencapai hasil yang signifikan, yaitu : kebangkitan mental nasionalis yang mencintai negara ini, yang bangga diri dengan sebuah identitas kolektif bernama Indonesia.

Dan akhirnya kami mengucapkan sekali lagi : SELAMAT, terus berkarya bagi bangsa kita tercinta, dan UNS Solo siap menjadi mitra setia membentengi Pancasila dari segala bentuk ancaman yang datang dari dalam dan dari luar.

Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Rektor,
Prof.Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum

Leave a Reply