Mahasiswa UNS

Bengawan UV UNS Torehkan Prestasi di Ajang KRTI

By 16 November 2020 No Comments

UNS – Selain mengukir prestasi pada ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN), Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga menorehkan prestasi pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 30 Oktober kemarin. Pada ajang ini, Bengawan UV UNS berhasil menyabet juara 2 pada kategori Vertical Take Off and Landing (VTOL).

Pada tahun ini, Bengawan UV UNS mengirimkan 4 tim terbaik mereka pada kategori Fixed Wing, VTOL, Racing Plane, dan Technology Demonstration (TD). Mereka berhasil meraih prestasi pada kategori VTOL. KRTI dilaksanakan secara daring dan Bengawan UV UNS mengambil tempat di beberapa lokasi sekitar kampus UNS. Anagata, nama tim dari Bengawan UV UNS kategori VTOL, beranggotakan 6 orang yakni Achmad Ali Husen dari Teknik Industri 2017, Nanda Hafidz dari Teknik Elektro 2017, Muhammad Ravi Rachman dari Teknik Elektro 2018, Nada Syadza dari Teknik Elektro 2018, Suryanto mahasiswa Teknik Mesin 2019, dan Geovani Rahmad mahasiswa Teknik Elektro 2019.

Teknis ajang KRTI dilakukan secara live streaming untuk kategori VTOL, Fixed Wing, dan TD. Sementara, untuk kategori Racing Plane, penilaian dilakukan dengan cara mengirimkan bukti performa wahana berupa video. KRTI tahun ini diikuti oleh 34 tim kategori Racing Plane, 22 tim kategori Fixed Wing, 24 tim pada kategori VTOL, dan 16 tim kategori TD yang masuk ke dalam sub kategori airframe innovation.

Menurut keterangan Annas Isman Saputro selaku General Manager Bengawan UV UNS, wahana yang dibuat untuk kategori VTOL adalah berupa drone multicopter yang memakan waktu 4 bulan.
“Wahana yang dibuat untuk kategori VTOL itu berupa drone multicopter, yang pembuatannya dimaksudkan untuk membantu penanganan Covid-19. Misi dari wahana VTOL adalah mengantarkan 3 buah logistik ke tempat yang ditentukan secara full otomatis tanpa menggunakan GPS. Wahana VTOL ini diperuntukan untuk kebutuhan indoor,” terang Annas pada Senin (16/11/2020) malam.

Dengan adanya pencapaian ini, Annas berharap agar nama UNS dapat lebih dikenal dalam kancah nasional dalam pengembangan teknologi
“Harapannya dengan pencapaian tahun ini, nama UNS dapat lebih dikenal di kancah nasional terutama dalam hal pengembangan teknologi dan untuk Bengawan UV sendiri, semoga dengan pencapaian tahun ini, para anggota dapat terus meningkatkan pencapaiannya, dan semoga banyak mahasiswa UNS yang mulai mengenal Bengawan UV dan terdorong untuk menjadi anggota Bengawan UV,” pungkas Annas. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply