Mahasiswa UNS

Booster, Inovasi Mahasiswa UNS Bagi Pemberdayaan Andikpas

By 29 September 2020 No Comments

UNS – Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tawarkan inovasi program bagi Pemberdayaan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) kepada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II B Yogyakarta pada Sabtu (15/8/2020) lalu. Tim ini menggandeng LPKA Yogyakarta sebagai mitra karena mereka menilai program pembinaan ketrampilan Andikpas pada LPKA tersebut belum terlaksana secara optimal.

Program bertajuk Inovasi Pemberdayaan Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) Berbasis Bamboo Batik Speaker (Booster) dipresentasikan secara virtual oleh tim yang diketuai oleh Rima Sumiar Achrima (Fakultas Hukum) dan beranggotakan Reni Eka Septianingrum (Fakultas Hukum), Rokhmatun Hanifah (Fakultas Hukum), Erina Rahayu (Fakultas Seni Rupa dan Desain) dan Syaifullah Fillard Latifan (Fakultas Teknik) kepada Kepala Satuan Kerja LPKA, Teguh Suroso Amd.IP., S.H.,

Dalam sambutannya saat video conference berlangsung, Teguh Suroso Amd.IP., S.H., menyambut baik tawaran kerja sama dari Tim PKM-M UNS. Harapannya kerja sama ini dapat mendukung optimalisasi peningkatan skills Andikpas.

Lebih lanjut Dr. Muhammad Rustamaji, S.H., M.H., selaku dosen pembimbing Tim PKM-M UNS ini menyampaikan bahwa persyaratan kaku dalam beberapa proses seleksi pekerjaan yang menuntut calon pendaftarnya tidak boleh memiliki jejak pidana membuat pendidikan dan pembinaan yang bersifat praktis dan applicable sangat dibutuhkan bagi Andikpas.”

Diharapkan Booster dapat dimanfaatkan menjadi wadah bagi Andikpas untuk memaksimalkan potensi mereka, terutama mengasah kemampuan dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship Andikpas. Sehingga setelah masa pembinaan di LPKA selesai mereka mempunyai bekal untuk bersaing secara swadaya di era industri 4.0.

Secara tertulis ketua Tim PKM-M FH UNS, Rima Sumiar Achrima, tak lupa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak LPKA yang telah menyambut niatan baik Tim PKM-M FH UNS untuk menjalin kerja sama kemitraan.

“Berharap kerja sama pemberdayaan Andikpas berbasis Booster dapat memberi manfaat dan terlaksana secara berkelanjutan, ” ujar Rima. HUMAS UNS

Reporter:Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply