Mahasiswa UNS

Dua Alumni UNS Raih Gelar Master dari Gifu University Jepang

By 8 November 2019 No Comments

UNS – Dua alumni Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Muhammad Arifin dan Aini Nurjanah sukses menyelesaikan studi magisternya di Gifu University Jepang, Rabu (25/10/2019). Bertempat di Conference Room Fakultas Ilmu Biologi Terapan (Faculty of Applied Biological Sciences), sertifikat kelulusan diserahkan langsung oleh Dekan Faculty of Applied Biological Sciences Gifu University Jepang, Prof. Makoto Sugiyama.

Muhammad Arifin mengatakan, Wisuda di Gifu University diselenggarakan setahun dua kali yaitu pada bulan Maret dan bulan September. Pada periode September ini, 5 mahasiswa yang diwisuda dari Fakultas Ilmu Biologi Terapan yaitu 2 mahasiswa dari Jepang, 2 mahasiswa dari Indonesia dan 1 mahasiswa dari Bangladesh. Acara wisuda berjalan cukup singkat namun khidmat. Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, kemudian dilanjutkan sambutan dan arahan dari dekan mengenai visi dan filosofi Gifu University yang ditulis dalam beberapa huruf kanji. Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat kelulusan kepada wisudawan dengan gelar Master of Applied Biological Sciences (M.App.Sc).

Muhammad Arifin dan Aini Nurjanah yang merupakan alumni Prodi Agroteknologi FP angkatan 2012 memulai studi di Departemen Ilmu Pertanian dan Lingkungan, Sekolah Pascasarjana Ilmu Alam dan Teknologi (Graduate School of Natural Science and Technology) Gifu University sejak oktober 2017. Muhammad Arifin adalah penerima beasiswa penuh dari pemerintah Jepang (MEXT scholarship) yang diterima di Gifu University melalui Advanced Global Program. Topic penelitian untuk studi magisternya mengenai penyerbukan bunga dan ekologi kimia serangga. Sedangkan, Aini Nurjanah adalah penerima beasiswa penuh dari Gifu University (Gifu University private funding) selama dua tahun, serta salah satu penerima beasiswa on going (Ouen Shogakusei) selama satu tahun dari Gifu University. Aini menyelesaikan studi magisternya di dua program sekaligus yaitu Advanced Global Program dan Basin Water Environmental Leader (BWEL) Program dengan topic penelitian mengenai emisi gas rumah kaca yang berasal dari tanah.

Muhammad Arifin menambahkan, Gifu University melakukan penerimaan mahasiswa asing melalui beberapa program. Program yang paling umum adalah Advanced Global Program (AGP) dan Basin Water Environmental Leader (BWEL). AGP menawarkan Prodi di jenjang magister dan doktor dengan pembelajaran berbasis Bahasa Inggris. Program ini mendorong mahasiswanya untuk kritis mengkaji sains dan teknologi mutakhir yang bertujuan membina para profesional berpendidikan tinggi sebagai pemimpin masa depan ditingkat regional dan global. Lain halnya dengan BWEL, dimana program ditujukan untuk membina calon pemimpin masa depan yang dapat memahami masalah lingkungan dengan pandangan yang luas, serta berkomitmen untuk memanfaatkan bidang keahliannya untuk merencanakan, merumuskan solusi dan pencegahan strategis guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Kedua program ini semakin ditingkatkan kualitasnya dengan pemberian kuliah khusus serta program magang yang didampingi langsung oleh para ahli terkemuka di bidang penelitian terkait dari regional Asia maupun global, pengembangan softskill mahasiswa dengan diskusi dan presentasi serta dengan menjalin kerjasama internasional.

“Peluang beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri semakin banyak. Informasi lebih lanjut bisa diperoleh di International Office UNS atau langsung ke Gifu University Office, Gedung Pascasarjana UNS, Lantai 5 dengan liason officer UNS-Gifu University, Komariah, PhD. Saat ini masih ada 7 mahasiswa Doktor dan 4 mahasiswa Master yang terdiri dari staff dosen dan alumni UNS sedang studi lanjut di Gifu University,” ujar Muhammad Arifin, Jumat (8/11/2019). Humas UNS

Leave a Reply