Berita TerkiniMahasiswa UNS

Hebat! UNS Raih Juara 1 pada Lomba Debat Ekonomi Nasional

By 23 March 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Tim debat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mengukir prestasi cemerlang pada ajang lomba debat nasional Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia (Imapesi) yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta Timur pada Jumat – Sabtu (6-8/3/2020).

Dalam ajang ini, tim UNS mengirim 2 perwakilan tim yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yakni tim A dan tim B. Tim A terdiri dari Evieliana Putri Utami, Mohammad Amin Yusuf, dan Kamsu Aji Wiguna berhasil menyabet juara 1. Sementara, tim B terdiri dari Wannurizzati Zulhazlinda, Anggun Bella S, dan Faizah N.A berhasil meraih juara harapan 1. Juga, dalam ajang ini, Evieliana dari tim A berhasil meraih predikat best speaker.

Lomba debat nasional ini dikhususkan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Pada ajang ini, terdapat 10 tim dari 9 universitas yang turut serta. 9 universitas tersebut yakni UNS, UHAMKA, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Pamulang (Unpam), Universitas Soedirman (Unsoed), dan Universitas Jember (Unej).

Tema yang didebatkan pada lomba ini tidak jauh dari pendidikan dan ekonomi.
“Karena khusus pendidikan ekonomi, jadi temanya ya pendidikan sama ekonomi,” ujar Kamsu saat dihubungi tim uns.ac.id, Sabtu (14/3/2020)

Dibutuhkan latihan selama 2 pekan menuju hari H. Kamsu mengaku, ia dan teman-temannya pada pekan pertama latihan mengenai teknik-teknik debat. Pada pekan kedua, mereka fokus pada mosi babak penyisihan.
“Latian 2 mingguan sih, minggu pertama latian teknik, minggu kedua fokus di mosi babak penyisihan,” terang Kamsu.

Kedepannya, Kamsu dan kawan-kawannya berharap dapat mempertahankan juara yang telah diraih UNS dan memberi pengaruh yang baik pada semua pihak.
“Ya karena lomba debat Imapesi ini diadain tiap taun, dan Alhamdulillah UNS menang terus, ya harapannya ke depan bisa mempertahankan juara dan dapat memberi pengaruh yang baik untuk semua,” harap Kamsu. Humas UNS/Zalfaa

Leave a Reply