Mahasiswa UNS

Surya Dimas, Jawara Karate Asia Tenggara

By 15 March 2019 No Comments

UNS – Kejuaraan Karate Antarmahasiswa se-Asia Tenggara, Semar Cup XI memang sudah berakhir pada Minggu, 10 Maret lalu. Namun kenangan manis saat pertandingan tidak bisa dilupakan begitu saja. Setidaknya bagi atlet karate penyumbang medali emas untuk Universitas Sebelas Maret (UNS), Surya Dimas Gempal Prahara.

Pria yang akrab disapa Dimas ini berhasil meraih satu medali emas dalam ajang tersebut. Dimas dinyatakan sebagai pemenang kejuaraan karate Semar Cup XI untuk kelas Kumite 60 Kg setelah mengalahkan atlet karate asal Politeknik Semarang dengan torehan skor 8-0 pada laga final.

Sebelumnya, di babak semi final, Dimas sempat berhadapan dengan kompetitor terkuat di kompetisi ini yaitu atlet asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Namun, dia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 9-1.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keolahragaan (Penkepor FKOR) 2018 ini mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya. Dimas mengaku bangga dapat mengharumkan nama UNS dalam bidang olahraga.

Dia mengatakan, keberhasilan yang diraihnya tidak lepas dari persiapan yang matang. “Dalam seminggu, 6 kali latihan dan tak lupa juga nambah latihan sendiri kadang di kontrakan, dan kalau balik kampung ke Jepara biasa latihan di klub yang membesarkan saya. Itu bisa sampai sehari 2-4 kali,” kata Dimas saat dihubungi pada Rabu (13/03/2019).

Sebelum pertandingan, Dimas menyadari bakal menghadapi atlet-atlet yang tangguh. Apalagi, kejuaraan ini diikuti oleh lima negara yaitu Malaysia, Timor Leste, Singapura, Brunei dan Indonesia. Kendati demikian, itu tak lantas membuatnya pesimis.

“Event ini kan acara bergengsi yang diikuti atlet-atlet bagus. Saya sendiri waktu main di kelas tidak memiliki kesulitan yang berarti, hanya saja agak kewalahan waktu main di kelas BOB, lawan saya tinggi, pintar dan speed-nya sangat cepat,” ceritanya.

Sebelum meraih emas di ajang Semar Cup XI, Dimas telah mengantongi sederet prestasi membanggakan selama kuliah di UNS. Di antaranya, Juara 3 Porprov Jateng (60kg putra), Juara 2 UNY Cup (60kg putra), Juara 1 Porsimaptar (kelas Kata beregu dan Kumite 68kg putra) dan Juara 1 UIN Walisongo (60kg putra senior).

Selanjutnya, Dimas akan kembali berlaga di Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon Solo Raya pada bulan ini. Dia juga tengah mempersiapkan diri untuk bertanding di Piala Pangdam Jateng, sebagai seleksi masuk tim pra PON Jateng. Humas UNS/Mia

Leave a Reply