Mahasiswa UNS

Tim KKN UNS Ubah Lele menjadi Nugget Siap Konsumsi

By 14 February 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS – Jiwa entrepreneurship perlu diasah agar dapat menjadi insan mandiri yang tidak perlu mengalami masalah finansial. Menyikapi hal tersebut tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta gelar workshop dan pelatihan pembuatan Bolopleret Nugget Lele (Bolo Nale) di Aula Balai Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten pada Senin (10/2/2020).

Pada awal acara workshop, pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Juwiring menyampaikan materi mengenai tuberculosis (TBC). Kegiatan workshop dan pelatihan pembuatan Bolo Nale dilakukan untuk menarik minat masyarakat khususnya ibu rumah tangga dalam menjalankan usaha di bidang kuliner yaitu nugget lele. Kegiatan diikuti oleh anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bolopleret.

Salah satu mahasiswa yang sedang menjalankan KKN di Desa Bolopleret, Retta Fauziah Alfiana mengatakan, Bolo Nale merupakan nugget home made. Nugget ini berbahan dasar lele, tidak seperti nugget umumnya yang menggunakan bahan dasar daging ayam maupun sapi. Namun, rasanya pun tidak kalah dari nugget biasanya. Kegiatan workshop berlangsung lancar. Para ibu rumah tangga merasa antusias untuk mempraktikkan membuat nugget. Bahkan, setelah selesai mempraktekkan membuat nugget, mereka juga antusias untuk mencicipi bagaimana rasa dari nugget yang telah dibuat. Setelah melakukan praktek bersama dan mencicipi nugget yang telah dibuat, tim KKN juga melakukan sosialisasi bagaimana strategi penjualan ke depan.

Kegiatan workshop seperti ini perlu dilakukan guna menciptakan jiwa entrepreneurship masyarakat setempat. Diharapkan mereka dapat menjalankan usaha sendiri dan mempraktikannya sendiri untuk dihidangkan pada keluarga sendiri. Hal ini juga berguna untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik karena memiliki usaha sendiri.
“Harapannya dapat menarik minat ibu-ibu untuk menjalankan UMKM. Jika ibu-ibu tidak tertarik di bidang wirausaha, harapannya ibu-ibu dapat mempraktikkan membuat nugget lele di rumah untuk dihidangkan ke keluarga,” ujar Retta.Humas UNS/Zalfaa

Leave a Reply