324 Karateka dari Asia Tenggara Adu Jurus di Semar Cup XI UNS

UNS – Sekitar 324 karateka dari 56 perguruan tinggi se-Asia Tenggara berkompetisi dalam Kejuaraan Karate Antarmahasiswa Sebelas Maret Cup (Semar Cup) ke XI. Kejuaraan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa, Intitut Karate-Do Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UKM INKAI UNS) ini digelar di Gor Sritex Solo mulai 8-10 Maret 2019.

“Total ada 5 negara yang mengikuti kejuaraan ini. Selain Indonesia, Brunei Darussalam, Timot Leste, Malaysia dan Singapura,” jelas Ketua Panitia Semar Cup XI Rizki Mica Saputra saat ditemui pada Kamis, 7 Maret 2019.

Beda dari periode sebelumnya, Rizki menerangkan kejuaraan Semar Cup kali ini juga  mendatangkan wasit dari luar negeri yakni Malaysia dan Singapura. Kehadiran wasit asing ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pertandingan sekaligus menjadi daya tarik kejuaraan ini.

Ada dua jenis pertandingan yang diperlombakan yaitu Kata dan Kumite. Di kategori Kata, para peserta, baik putera maupun puteri, akan berlomba menampilkan keindahan gerak dari jurus. Sementara di kategori Kumite, para  karateka harus saling adu jurus.

Pertandingan kategori Kata dibagi ke dalam 4 kelas, sedangkan kategori Kumite dibagi ke dalam 15 kelas, termasuk best of the best, di mana itu merupakan juara terbaik antarkelas.

Dari UKM INKAI UNS sendiri juga menurunkan puluhan atlet karate untuk mengikuti kompetisi ini di seluruh kategori. Menurut Ketua Bidang Keanggotaan UKM INKAI UNS, Ratih Astasi, pihaknya menargetkan dapat meraih gelar juara umum dalam kejuaraan tahun ini. Dia mengatakan ada beberapa karakteka yang memang sudah ditargetkan merebut medali emas untuk UNS.

By | 2019-03-12T14:53:11+07:00 12 March 2019|Categories: Berita Terkini|