Gala Dinner Confucius Institute, Rektor: UNS Harus Jadi Jembatan Integrasi Budaya

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama delegasi dari Xihua University Tiongkok, menggelar acara gala dinner pada Senin (11/3/2019) malam bertempat di Diamond Restaurant Solo. Dalam acara tersebut, beberapa tamu undangan turut hadir, diantaranya dari Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Atase Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RRT, komunitas Hanban, jajaran pimpinan universitas dan fakultas, serta perwakilan Confucius Institute dari enam perguruan tinggi di Indonesia.

Acara tersebut digelar beberapa jam setelah Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi meresmikan Confucius Institute di Gedung I Fakultas Ilmu Budaya pada Senin (11/3/2019) siang. Dalam kesempatan malam itu, Ravik Karsidi mengutarakan rasa senangnya sebab kunjungannya beberapa tahun yang lalu ke Xihua University di Chengdu, Tiongkok dapat terealisasikan pada tahun 2019 ini dengan berdirinya Confucius Institute sebagai pusat pembelajaran bahasa Mandarin di UNS.

Ravik juga mengingatkan bahwa dalam mempelajari sebuah bahasa diperlukan juga niat untuk mempelajari budayanya. Menurutnya, belajar bahasa tanpa mengenal budayanya tidak akan menghasilkan apa-apa.

“Dengan berdirinya Confucius Institute di UNS tahun ini diharapkan dapat menjadi jembatan integrasi antara budaya Indonesia dengan budaya Tiongkok,” ujar Ravik.

Selain itu, Atase bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RRT, Ms. Li Cheng mengutarakan bahwa dengan dibukanya kerjasama antara UNS dengan Xihua University akan semakin mempererat hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan dalam hal hubungan bilateral antara Indonesia dan RRT.

“Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan Tiongkok semata, namun dengan kerjasama ini peluang dan ketertarikan mahasiswa Tiongkok untuk belajar di Indonesia akan semakin meningkat, contohnya adalah saya yang pernah 4 tahun belajar di Indonesia,” ujar Li Cheng.

Pada akhir acara,  Ravik memberikan cinderamata kepada delegasi Konsulat Jenderal RRT, Gu Jing Qi, perwakilan Confucius Institute dari Al-Azhar Jakarta, dan Sekertaris Partai Xihua University, Bian Huimin. Humas UNS/ Yefta

By | 2019-03-12T11:03:13+07:00 12 March 2019|Categories: Berita Terkini|