Berita Terkini

Belajar Public Speaking di FP UNS Bersama Manohara

By 22 August 2019 No Comments

UNS — Panas matahari di Halaman Gedung B yang cukup menyengat tidak menyurutkan semangat seorang Brigita Manohara untuk berbagi ilmu kepada ratusan mahasiswa yang juga peserta Achievement Motivation Training (AMT) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu (21/8/2019). Presenter salah satu televisi swasta nasional tersebut menyampaikan kiat-kiat untuk mencapai kesuksesan, salah satunya adalah dengan penguatan public speaking.

“Tidak semua orang dikaruniai suara yang bagus sehingga orang lain mau mendengarkan dia dengan saksama. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai seorang mahasiswa kemampuan public speaking sangat diperlukan, minimal digunakan dalam presentasi di kelas yang sering dilakukan mahasiswa. Betul kan?” ujar Brigita.

Untuk berbicara di hadapan umum, imbuh Brigita, ada lima hal yang harus dimiliki dan diperhatikan. Yaitu penampilan yang rapi, kepercayaan diri, tatapan mata yang ramah, selalu tersenyum dan ekspresi suara atau vokal.

“Ekspresi vokal atau suara ini sangat penting, yaitu suara yang ketika orang mendengar, mereka akan percaya dengan apa yang kita katakan. Kita harus perhatikan intonasi yaitu penekanan pada kata-kata yang penting, nada suara dan artikulasi, volume, tempo dan nada,” jelas Brigita.

Selain itu, Brigita juga menekankan akan pentingnya memiliki impian dan pembuatan perencanaan hidup, khususnya dalam kehidupan perkuliahan.

“Bicara tentang kehidupan dan untuk mencapai sukses, yang pertama kita harus punya mimpi. Mimpi itu gratis, jadi mimpilah yang setinggi-tingginya. Tapi jangan mimpi aja, bangun dan wujudkan mimpi itu. Kemudian buat peta, tuangkan mimpi dan target kamu dalam perencanaan. Tahun pertama mau ngapain, mau ikut apa. Lanjut tahun kedua, ketiga, sampai keempat. Juga yang tidak kalah penting adalah jaringan. Kita tidak akan pernah tahu teman yang di samping kita ini, 10 tahun ke depan akan menjadi apa dan siapa,” pungkas Brigita. Humas UNS/ Kaffa

Leave a Reply