Search
Close this search box.

Bengawan Formula Student UNS Raih Juara di FSAE Japan 2023

UNS – Tim Bengawan Formula Student Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi di kancah internasional. Baru saja, mereka meraih Juara 3 Computer Aided Engineering (CAE) Award dalam ajang FSAE Japan 2023 pada Sabtu (2/9/2023).

FSAE Japan merupakan kompetisi mobil listrik tingkat internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Dalam kompetisi ini, para tim dituntut untuk mendesain dan memproduksi sebuah mobil balap formula. Kompetisi yang berlangsung pada 28 Agustus—2 September 2023 ini diselenggarakan oleh JSAE (Society of Automotive Engineers of Japan, Inc). Terdapat 77 tim dari 6 negara, yaitu Jepang, Thailand, Bangladesh, China, Indonesia, dan Taiwan.

Tegar Aryoseno dari Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa kompetisi ini terbagi menjadi dua event, yaitu static events dan dynamic events.

Static events itu terdiri atas business plan presentation, cost and manufacturing report, design presentation, dan technical inspection. Sementara, pada dynamic events terdiri atas acceleration, skid pad, autocross, endurance, dan efficiency. Selain kedua event tersebut, terdapat juga event special awards yang terdiri dari beberapa kategori, salah satunya adalah CAE Awards. CAE Awards ditujukan untuk tim yang mencapai pembuatan desain yang sangat efisien dan hebat dalam menggunakan teknologi CAE,” jelasnya seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Rabu (20/9/2023).

Mahasiswa Teknik Mesin tersebut mengaku sangat senang dan bersyukur karena Tim Bengawan Formula Student dapat meraih predikat juara setelah vakum selama tiga tahun.

“Ini merupakan langkah awal yang baik. Meskipun sempat vakum selama tiga tahun, tapi kami dapat  bersaing dengan 76 tim dari berbagai perguruan tinggi dan negara. Memang berat, tetapi Alhamdulillah kami berhasil mendapatkannya. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan Universitas Sebelas Maret, sponsor, dan pihak lainnya yang telah mendukung penuh keberjalanan tim ini,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi kerja keras tim yang telah menyiapkan kompetisi ini selama sekitar satu tahun terakhir. Dalam kompetisi ini, mereka dibimbing oleh Prof. Ir. Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D.; Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, M.Eng., Ph.D.; dan Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, M.T. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content