UNS — Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) mengadakan Workshop Pengurus AJPI pada Selasa-Rabu (2-3/8/2022) di Ruang Madukara UNS Inn, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Acara ini bertujuan untuk mewujudkan visi AJPI sebagai organisasi yang berkontribusi nyata untuk terwujudnya Jurnal Pertanian Indonesia yang bereputasi nasional dan internasional.

Acara ini turut dihadiri oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Dekan FP UNS, Prof. Samanhudi. Dr. Ir. Mujiyo, M.P. selaku Ketua Panitia dan Kepala Bidang Indeksasi Internasional mengemukakan bahwa workshop ini bertujuan untuk melakukan penyusunan dan finalisasi rencana kerja tahunan perbidang AJPI.

“Ada bidang pimpinan dan kesekretariatan, bidang OJS (Open Journal System) dan IT (Information and Technology), bidang akreditasi nasional dan bidang indeksasi internasional,” jelas Dr. Mujiyo yang sekaligus Dosen Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Sementara itu, Ketua AJPI, Prof. Kuswanto menambahkan, antusiasme peserta juga sangat tinggi. Hal ini terlihat dari kehadiran 25 orang pengurus AJPI dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Nusa Cendana, Universitas Mulawarman, Universitas Lampung, dan beberapa universitas lainnya.

“AJPI selaku organisasi jurnal pertanian berperan menjadi media sarana komunikasi dan pendampingan antar pengelola jurnal pertanian Indonesia. Diharapkan jurnal pertanian dapat saling mendukung antar jurnal untuk meningkatkan akreditasi nasional dan indeksasi internasional. Indeksasi internasional tersebut seperti DOAJ, CABI, EBSCO, Proquest, WoS, dan Scopus,” jelas Prof. Kuswanto.

Prof. Samanhudi selaku Dekan FP UNS yang turut hadir mengutarakan bahwa terdapat 10 jurnal di FP UNS yang sudah terakreditasi nasional. Jurnal-jurnal tersebut telah meraih akreditasi SINTA 1—SINTA 5, 1 jurnal telah terindeks internasional Scopus yaitu SAINS TANAH-Journal of Soil Science and Agroclimatology. Sementara, 1 jurnal masih dalam proses indeksasi internasional Scopus, yaitu Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. Hal ini juga turut menyumbang keberadaan jurnal terindeks internasional di UNS.

Acara workshop Pengurus AJPI ini kemudian dibuka oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Dalam sambutannya, Rektor UNS mengarahkan dan menyambut baik kegiatan peningkatan reputasi jurnal secara internasional.

“Jurnal di UNS jumlahnya 74, dengan rincian yang sudah terakreditasi nasional SINTA sejumlah 63 dan terindeks internasional Scopus sejumlah 3 jurnal. Tiga jurnal tersebut dari FP yaitu SAINS TANAH-Journal of Soil Science and Agroclimatology, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yaitu Biodiversitas Journal of Biological Diversity, dan Fakutas Hukum dengan jurnal BESTUUR,” tuturnya.

Ciptakan Jurnal Pertanian Indonesia Bereputasi Nasional dan Internasional, AJPI Gelar Workshop

Prof. Jamal berharap dengan keberadaan jurnal-jurnal tersebut dapat menyumbang ilmu pengetahuan khususnya bidang pertanian dan diharapkan dapat mendorong jurnal lain untuk turut mengikuti indeksasi internasional. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tags : AJPI , FP UNS , OJS , Rektor UNS , UNS

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...