Berita Terkini

Dies Natalis ke-23 FMIPA UNS, Wakasau TNI Memberikan Orasi Ilmiah

By 4 October 2019 October 8th, 2019 No Comments

UNS – Memperingati Dies Natalis ke-23, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan acara tasyakuran yang diselenggarakan di Aula lantai 5 Gedung C FMIPA UNS, Rabu (2/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) TNI, Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H.,M.D.S hadir untuk memberikan orasi ilmiah dihadapan civitas akademika FMIPA UNS.

Dalam  orasi ilmiahnya,Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) TNI, Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H.,M.D.S menyampaikan makalah yang berjudul ‘Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi Dirgantara dalam Mendukung Tugas TNI AU Menegakkan Kedaulatan Negara dan Menjaga Keutuhan NKRI’. Sebagai pembuka orasinya Wakasau menyampaikan sekilas sejarah perjuangan TNI AU, kemudian dilanjutkan dengan paparan fasilitas pesawat, perkembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan teknologi yang dimiliki TNI AU. Wakasau juga menyampaikan beberapa peluang kerjasama antara TNI AU dan FMIPA UNS.

Sementara itu, Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si.,Ph.D dalam sambutannya, menyampaikan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh FMIPA UNS setelah berusia 23 tahun. Termasuk seluruh rangkaian acara Dies Natalis ke-23 FMIPA UNS. Diantaranya Olimpiade 2019 “COLOSSUS” (Compete Fairly with Your Sportivity and Burning Spirit) pada 6 September – 2 Oktober 2019, yaitu berupa Lomba Futsal, Lomba Basket, Lomba Voli, Lomba Catur, Lomba Badminton, Lomba Debat Mahasiswa, Lomba Pidato Bahasa Inggris, Lomba Esai yang diikuti oleh mahasiswa FMIPA UNS, Family Gathering FMIPA UNS, Jalan Sehat, Tes Kesehatan Gratis, Donor Darah, Lomba-lomba dan Hiburan yang diikuti oleh seluruh dosen dan karyawan FMIPA UNS beserta keluarga. Kemudian Orasi Profesor dan Doktor Baru pada 1 Oktober 2019 yang menampilkan orasi Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil.,Ph.D., Dr.Drs. Sutrima, M.Si., Dr. Ahmad Ainurofiq, S.Si.,M.Si.,Apt., Dr. Edi Pramono, M.Si., Dr. Putranto Hadi Utomo, S.Si., M.Si., Dr. Winita Sulandari, M.Si., Dr. Widya Mudyantini, M.Si.dan Dr. Yuniawan Hidayat, S.Si.,M.Si

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum yang hadir dalam tasyakuran Dies Natalis ke-23 FMIPA mengatakan rasa bangganya terhadap FMIPA UNS karena FMIPA UNS adalah penyumbang jurnal Scopus tertinggi di UNS di samping itu jumlah doktor FMIPA UNS adalah yang tertinggi di UNS.

“Saya berharap masih ada sumbangan karya lain dari para dosen dan tenaga kependidikan di FMIPA UNS,” kata Prof. Jamal.

Di ujung acara tasyakuran Dies Natalis ke-23 FMIPA UNS diberikan beberapa penghargaan kepada pegawai purna tugas tahun ini, yaitu Prof.Dra. Neng Sri Suharty, M.Sc.,Ph.D., Dra. Marti Harini, M.Si., dan Dra. Noor Soesanti Handajani, M.Si. Lalu kepada dosen yang berprestasi, yaitu Prof. Dr. Suparmi dengan Scopus tertinggi, Heri Prasetyo, S.Kom.,M.Sc.Eng., Ph.D. dengan Scopus Tertinggi dan Dr.Eng. Budi Purnama, S.Si.,M.Si sebagai Juara 3 Dosen UNS Berprestasi. Kemudian untuk tenaga kependidikan yang berprestasi yaitu Ninik Hartati, A.Md juara 1 Tenaga Pengelolaan Keuangan UNS Berprestasi dan David Harjanto, S.T. Juara 1 Laboran UNS Berprestasi  yang selanjutnya akan mewakili UNS dalam pemilihan Diktendik Berprestasi Tingkat Nasional 2019 tanggal 26-29 Oktober 2019. Sedangkan untukmahasiswa diberikan kepada mahasiswa berprestasi peringkat 1, Alfiyatul Fitrhri dari Prodi Kimia dengan prestasi yang diraih Gold Medal Korea International Women’s Invension Exposition 2019, Silver Medal Korea International Women’s Invension Exposition 2019, dan Juara I Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa 2019, Mahasiswa berprestasi peringkat 2 Yochidamai Akhsanitaqwim dari Prodi Biologi dengan prestasi yang diraih Juara 1 Insight Ikab Unhas 2019, Juara 1 Pekan Ilmiah Nasional Lampung 2019 Unlam, Juara 2 National Equilibrium Conference in Equilibrium Science Fair 2019 Universitas Udayana, Juara 3 Pesta Ilmiah Sriwijaya 2019, dan Juara 3 LKTIN UNY 2019, Mahasiswa berprestasi peringkat 3, Muhammad Shalahuddin Al Ja’farawy dari Prodi Fisika dengan prestasi yang diraih gold medal Japan Design Invention and Expo tahun 2019 dan  juara 3 Lomba Essay Mahasiswa Nasional Unlam 2019.

Acara ini turut dihadiri oleh para Wakil Rektor UNS, Dekan se UNS, ketua dan anggota Senat FMIPA UNS, para mantan Dekan dan para mantan Wakil Dekan FMIPA UNS, para Guru Besar, dosen dan tenaga kependidikan FMIPA UNS, mahasiswa serta para pegawai purna tugas. Selain dari Keluarga Besar FMIPA UNS, pada acara tersebut hadir tamu khusus dari jajaran TNI Angkatan Udara, yaitu Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian TNI AU (Kadispamsanau), Marsma TNI Donald Kasenda, S.T.,S.I.P.,M.M., Kepala Dinas Pendidikan TNI AU (Kadisdikau), Marsma TNI Umar Rudianto, S,Sos., Kepala Dinas Aeronautika TNI AU (Kadisaeroau), Marsma TNI Wisnu Dewantoko, S.E., M.M., M.Si (Han) dan Komadan Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo (Danlanud Smo), Kol. Pnb Adrian P. Damanik, S.T. Humas UNS

Leave a Reply