Berita Terkini

Gandeng FORMIL, UNS Gelar FGD Sosialisasi Mitigasi Problematik Lingkungan

By 8 November 2019 No Comments

UNS – Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama dengan Forum Magister Ilmu Lingkungan (FORMIL) menggelar Focus Group Discusion (FGD) dengan tajuk “Sosialisasi Mitigasi Problematik Lingkungan” bertempat di Gedung Pascasarjana UNS, Kamis (31/10/19).

Dalam FGD tersebut, turut menghadirkan sejumlah pembicara. Antara lain Ir.Yanto Sugiharto MBA danĀ Rizki Arizal Purnama S.T.,M.Si, dan dipandu langsung oleh Kepala Prodi (Kaprodi) S2 Ilmu Lingkungan Prof. Dr. Ir. Mth. Sri Budiastuti M. Si.

“Di FGD ini kami ada sejumlah kesimpulan, seperti penggunaan teknologiĀ  untuk mengurangi atau meniadakan risiko dan bencana, sehingga industri memiliki daya saing yang tinggi,” ujar Prof. Sri Budiastuti.

Selain itu, FGD Sosialisasi Mitigasi Problematik Lingkungan juga menghasilkan beberapa kesepakatan, seperti audit teknologi untuk mengevaluasi aset teknologi dengan menetapkan tingkat kesesuaian teknologi, aset teknologi untuk menyambut industri 4.0 (technoware, humanware, infoware, dan orgaware), serta urgensi audit teknologi untuk membantu pengguna dalam mencapai manfaat yang maksimal dalam penggunaan teknologi.

Untuk selanjutnya seusai kegiatan FGD tersebut, FORMIL dan Prodi S2 Ilmu Lingkungan UNS akan mengadakan Pelatihan Auditor Teknologi se-Solo Raya sebagai upaya membentuk dan mempersiapkan tim penilai yang kompeten dalam membantu penyelesaian masalah lingkungan baik skala nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan ini, turut hadir pula perwakilan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), RS dr. Oen Solo Baru, RS dr. Moewardi Solo, Akademi Komunitas Tekstil, Perusahaan Tekstil Garment Solo Raya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) se-Karesidenan Surakarta serta Dosen Pakar Lingkungan dari internal UNS. Humas UNS/ Yefta

Leave a Reply