Berita Terkini

UNS Taekwondo Championship VI Kembali Digelar

By 6 November 2019 No Comments

UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Taekwondo Championship (UTC) kembali digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UNS untuk keenam kalinya pada Jumat-Minggu (1-3/11/2019) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sritex Arena, Surakarta. Kompetisi bertaraf nasional tersebut mempertemukan 1.147 atlet taekwondo dari berbagai provinsi seperti Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan lain-lain.

UTC merupakan kejuaraan terbuka taekwondo bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia dengan dua kategori, yaitu ‘Kyorugi’ dan ‘Poomsae’. Dari 1.147 atlet, 1.005 atlet bertanding di kategori Kyorugi dan 142 sisanya di kategori Poomsae.

“Jadi ada 1.147 atlet dari 83 kontingen dan 101 tim. Kalau dari perguruan tinggi ada Undip, UNS, UGM, UNY, Udinus, UPN Jakarta, UPI Bandung, Mercu Buana Jakarta, UMS dan lain-lain. Untuk pelajar lebih banyak yang berasal dari tim-tim mandiri di berbagai daerah,” ujar Dr. Singgih Herdanto, Penanggung Jawab UTC VI dalam laporannya pada Upacara Pembukaan UTC VI, Sabtu (2/11/2019).

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo menambahkan bahwa gelaran UTC dilakukan setiap dua tahun sekali. Penyelenggaraan berikutnya, yaitu pada tahun 2021, direncanakan UTC akan ditingkatkan menjadi taraf internasional.

“Kami mohon dukungan dari semua pihak, khususnya kepada Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) baik pusat maupun Jawa Tengah, juga dari Pemerintah Kota Surakarta,” ujar Prof. Kuncoro.

UTC menjadi salah satu upaya UNS dalam membentuk generasi yang sehat, cerdas dan aktif. Kombinasi antara kekuatan fisik dan kecerdasan berpikir dapat menjadi modal penting dalam mewujudkan kejayaan Indonesia 2045.

“Silakan semua atlet menjaga sportivitas dan taat aturan. Semua merupakan generasi yang sehat dan tangguh. UTC ini juga wujud kebersamaan dalam perbedaan. Atlet dari berbagai daerah berkumpul dan berlaga di sini,” imbuh Prof. Kuncoro.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Noor Fadjrin, Wakil Ketua Umum PBTI. Noor Fadjrin menyatakan kebanggaannya kepada UNS, khususnya Tim Taekwondo UNS, yang telah berdedikasi dalam penyelenggaraan UTC ini.

“PBTI berterima kasih kepada UNS atas dedikasinya dalam penyelenggaraan UTC sampai keenam kalinya ini. Masa depan taekwondo luar biasa, kesempatan bertanding sangat banyak. Jadi silakan adik-adik atlet tingkatkan semangat dan kemampuannya,” jelas Noor Fadjrin.

‘See Towards The Culture in Braveness’ dipilih menjadi tema UTC tahun ini. Hal ini selaras dengan misi kepengurusan UKM Taekwondo UNS 2019 yang selalu menyertakan semangat kebudayaan dalam setiap kegiatan taekwondo UNS tahun 2019. Semangat itupun salah satunya terwujud dengan prestasi Tim Taekwondo UNS sebagai Juara Umum 3 pada UTC VI ini. Humas UNS/Kaffa

Leave a Reply