Berita Terkini

Kaleidoskop UNS 2018: Prestasi, Inovasi dan Kontribusi UNS untuk Negeri

By 9 January 2019 No Comments

UNS – Tidak terasa, tahun 2018 telah berlalu. Sepanjang 2018 hingga detik ini, banyak prestasi baik di dalam maupun di luar negeri telah diukir oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Tidak hanya itu, beragam inovasi telah dilahirkan sebagai wujud kontribusinya untuk negeri tercinta ini.

  1. UNS Borong Penghargaan Anugerah Humas Kemenristekdikti

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih 3 (tiga) kategori penghargaan dalam Anugerah Humas 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Malam penganugerahan diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sumatera Utara (16/1/2018) bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemeristekdikti 2018. Dalam kompetisi kinerja Humas PTN tersebut, UNS berhasil menduduki peringkat 1 kategori publisitas, peringkat 2 untuk kategori website, serta peringkat 2 kategori media sosial untuk kelompok PTN-BLU. (*)

  1. Saingi Ilmuwan Dunia, Dosen UNS Raih Penghargaan OWSD – Elsevier Foundation Awards 2018

Salah satu dosen FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Witri Wahyu Lestari, berhasil menorehkan prestasi gemilang melalui publikasi penelitian dalam penghargaan bergengsi the OWSD-Elsevier Foundation Awards for Early-Career Women Scientists in the Developing World 2018. Witri memenangkan penghargaan tersebut setelah berkompetisi dengan ilmuwan dari berbagai negara Asia Pasifik seperti India, Pakistan, China, Iran, Bangladesh, Nepal, Philipina, Turki, Srilanka, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Thailand dan Uzbekistan. Kompetisi berbasis pada publikasi ilmiah terindex ini dibagi menjadi lima wilayah negara berkembang yaitu Asia Pasifik, Afrika, Negara-negara Arab, Amerika Latin dan Karibia. Witri sebagai wakil Indonesia akhirnya terpilih sebagai pemenang bersama 4 ilmuwan dari Bangladesh, Kamerun, Ekuador, Guyana. Penerimaan penghargaan berupa sertifikat dan uang senilai USD 5000 diberikan pada tanggal 17 Februari 2018, dalam rangkaian acara the American Association fot the Advancement of Scinece (AAAS) Annual Meeting di Austin, Texas, USA. (*)

  1. Peringkat Naik, UNS Jadi Kampus ke-3 Terbaik di Indonesia Versi UniRank

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada Senin, (30/7/2018) dengan mantap bertengger di urutan ketiga nasional. Peringkat ini disematkan oleh lembaga pemeringkat Internasional uniRank yang sebelumnya bernama Internasional 4 International Colleges and Universities (4ICU). UniRank (sebelumnya 4ICU) sendiri merupakan lembaga internasional pemeringkat ranking perguruan tinggi yang juga melakukan review berdasarkan kepopuleran website dengan penguatan tatakelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tatakelola institusional yang baik, dengan mutu mahasiswa yang berprestasi, serta manajemen pengelolaan penguatan publikasi atas kinerja tri dharma, yaitu pendidikan, penelitian, dan pegabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh 11.606 perguruan tinggi terakreditasi di seluruh dunia dan tersebar di 200 negara. (*)

  1. UNS Masuk Peringkat 6 Besar Versi Schimago

Kabar gembira kembali datang dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Di Bulan Agustus 2018, kampus yang dipimpin oleh Prof Ravik Karsidi berhasil masuk peringkat enam besar dalam bidang penelitian versi Lembaga pemeringkat, Schimago Institutions Rankings (SIR). Dalam kesempatan tersebut, SIR merilis data peringkat 20 universitas di Indonesia yang fokus dalam hal penelitian. SIR merupakan sumber evaluasi sains untuk menilai universitas di seluruh dunia dan lembaga yang berfokus pada penelitian. Lembaga pemeringkat ini mengevaluasi akademis dan penelitian dengan tiga indikator gabungan berdasarkan kinerja penelitian, output inovasi dan dampak sosial. (*)

  1. Pewarna Alam Hasil Penelitian Dosen UNS Dikembangkan Menjadi Biogas

Pewarna alam hasil penelitian dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Suyitno mulai dikembangkan tak hanya pada batik melainkan hingga pada pembuatan biogas dan pupuk organik. Kegiatan pra-komersialisasi, uji pasar, dan hilirisasi telah berhasil membentuk perusahaan baru dibawah koordinasi Badan Pengelola Usaha (BPU) UNS, yaitu CV. Indigo Biru Baru yang beralamat di Jalan Patimura Bulu, Sukoharjo. (*)

  1. Rektor dan Dosen UNS Raih Penghargaan Academic Leader 2018

Dua orang Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih penghargaan Academic Leader Tahun 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia (RI). Dua dosen UNS yang meraih  penghargaan tersebut yaitu Prof Ravik Karsidi, Rektor UNS yang juga sebagai Dosen sekaligus Guru Besar Sosiologi Pendidikan FKIP yang sekaligus mendapat tugas tambahan sebagai pemimpin perguruan tinggi (Rektor PTN BLU) dan Agus Purwanto dosen Fakultas Teknik (FT) UNS. Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta pada Jumat (17/8/ 2018) malam. Academic Leader Awards  merupakan apresiasi pemerintah atas dedikasi para pemimpin Perguruan Tinggi  dan dosen dalam memajukan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia yang diharapkan menjadi role model bagi pemimpin lembaga akademik dan akademisi di tanah air. (*)

  1. Gandeng Xihua University, UNS Akan Dirikan Pusat Bahasa Mandarin

Dalam waktu dekat, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bakal memiliki Pusat Bahasa Mandarin (Confucius Institute (CI)). Untuk merealisasikan berdirinya Pusat Bahasa Mandarin tersebut, UNS bekerjasama dengan CI Headquaters of China (Hanban) dan ditunjuk Xihua University sebagai partner dari UNS. Menurut rencana, CI ini akan diresmikan pada 11 Maret tahun 2019. Hanban memberikan dana startup sebesar Rp 2,2 miliar untuk kelengkapan infrastuktur dan fasilitas di dalam gedung CI. Kemudian tiap tahunnya akan memperoleh dana sebesar Rp 100.000 dollar USA. (*)

  1. UNS Luncurkan Jawametrik

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengenalkan sekaligus meluncurkan Jawametrik yang merupakan aplikasi pemeringkatan budaya Jawa. Peluncuran website tersebut dilakukan di Gedung Rektorat UNS, Kamis (27/9/2018). Laman yang bisa diakses di jawametrik.uns.ac.id tersebut secara resmi diluncurkan oleh Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi dengan mengirimkan surat elektronik kepada 83 perguruan tinggi di seluruh dunia untuk bergabung. Jawametrik adalah sebuah sistem pengukuran yang melakukan pemeringkatan terhadap Perguruan Tinggi, lembaga, institusi, dan organisasi pendidikan formal, informal, dan non-formal yang secara konsisten menangkar dan mengembangkan budaya Jawa baik di dalam maupun di luar negeri. Jawametrik bukan hanya ditujukan untuk pengukuran. Sistem pemeringkatan ini juga bertujuan untuk memberikan informasi dari berbagai lembaga di seluruh dunia yang melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan budaya Jawa. (*)

  1. Voca Erudita Kembali Sabet Penghargaan Bergengsi

Setelah tahun lalu mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara ke- 3 pada ajang kompetisi paduan suara Internasional 63rd International Choral Contest Habaneras and Poliphony di Torrevieja, Spanyol serta menjadi Grand Champion pada kompetisi nasional 6th Satya Dharma Gita National Choir Festival di Semarang, tahun 2018 ini Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita UNS kembali menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Di ajang Soegijapranata Choral Festival yang berlangsung di Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang pada tanggal 6 hingga 9 September 2018 kemarin, PSM Voca Erudita UNS berhasil menggondol lima prestasi sekaligus. Diantaranya yaitu memperoleh Best Interpretation for Indonesia Contemporary Choral Music, Champion of Mixed category, Champion of Equal Voices category, Gold A Medal for Folklore category dan berhasil meraih Grand Champion of Soegijapranata Choral Festival for Voca Erudita Female Choir sekaligus menjadi debut pertama Voca Erudita dalam formasi Equal Voices. (*)

  1. UNS Masuk Top 10 AUR Indonesia Versi QS Tahun 2019

Di bulan Oktober 2018, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menduduki peringkat 10 besar Asian University Ranking (AUR) Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) tahun 2019. Prestasi UNS yang masuk 10 besar AUR Indonesia ini menyamakan UNS dengan perguruan tinggi lain yang sudah senior dan   sudah berstatus PTNBH. (*)

  1. Dua Mahasiswa UNS Berjaya di APG

Dua Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih 5 medali perak dan 1 medali perunggu di ajang Asian Para Games (APG) tahun 2018. Dua mahasiswa tersebut yaitu atlet para cycling, Sri Sugiyanti yang berhasil mendapat 3 medali perak dan 1 medali perunggu serta Ni Made Arianti Putri di Cabang Olahraga (Cabor) Atletik mendapat 2 medali perak. (*)

  1. Untuk Pertama Kalinya, UNS Raih SNI Award

UNS Raih Perak dalam SNI Award 2018

Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih Standar Nasional Indonesia (SNI) Award dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Penghargaan tersebut diberikan di Jakarta pada Rabu (21/11/2018) kemarin. Dalam penghargaan SNI Award ini, UNS meraih peringkat Perak.

  1. Lima Prodi di UNS Raih Akreditasi Internasional

Lima Program Studi (Prodi) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah mengantongi akreditasi atau sudah bersertifikasi internasional. Dari lima Prodi tersebut, empat diantaranya sudah memperoleh sertifikat dariASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) dan satu Prodi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21). Empat Prodi di UNS yang sudah memperoleh sertifikasi AUN-QA di tahun 2018 ini, diantaranya Prodi S1 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prodi Teknik Mesin S1 Fakultas Teknik (FT) dan Prodi S1 Teknik Sipil FT. Lalu yang memperoleh akreditasi internasional  dari ABEST21 yaitu Prodi S2 Magister Manajemen (MM) FEB. (*)

  1. UNS Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Penghargaan bergengsi tersebut diberikan oleh Ketua KIP, Gede Narayana di Istana Wakil Presiden RI pada Senin (5/11/2018) kemarin. UNS menjadi salah satu dari 18 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mendapat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2018 untuk kategori Cukup Informatif.  Dari 26 PTN yang diundang, terdiri dari 1 PTN masuk kategori Informatif, 7 PTN masuk kategori Menuju Informatif, 18 PTN masuk kategori Cukup Informatif. (*)

  1. Raih Juara 3 Diktendik Berprestasi Tingkat Nasional

Berkat karya unggulannya yaitu Sistem Informasi Keuangan Terintegrasi Guna Pelaporan  Daya Serap Anggaran dan Proses Pengesahan Belanja, berhasil membawa Hagung Rihanjoyo menjadi Juara 3 di ajang Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Kemenristekdikti 2018 untuk kategori Pengelola Keuangan.

Seleksi di tingkat nasional dilaksanakan pada 27 hingga 30 Oktober kemarin di Jakarta. Dengan memperoleh juara 3 tersebut, Hagung Rihanjoyo memperoleh piala serta uang tunai sebesar Rp 20 juta. (*)

  1. Manfaatkan Sinar Matahari, Peneliti UNS Ciptakan SPATS untuk Irigasi Sawah

Dengan memanfaatkan keberadaan sinar matahari, tim ahli dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan rekayasa teknologi berupa Sistem Pompa Air Tenaga Surya (SPATS). Inovasi baru teknologi tepat guna pompa air dengan sumber energi baru dan terbarukan tenaga surya tersebut diciptakan untuk menggantikan mesin pompa air irigasi dengan mesin diesel berbahan bakar solar yang  dinilai tidak efisien.     Penggunaan diesel/pompa air dengan BBM untuk sistem irigasi pertanian sangatlah tidak efektif dan mahal. Sistem pompa air dengan tenaga surya merupakan salah satu alternatif solusi yang efektif, hemat, dan efisien untuk menjaga sistem irigasi pertanian berjalan dengan baik saat musim kemarau. (*)

  1. UNS Raih Bintang Tiga Versi QS

Di akhir tahun 2018 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih prestasi yang gemilang yaitu meraih Bintang Tiga dari Quacquarelli Symonds (QS) Star University Rating 2018. QS Star University Rating UNS pada tahun 2018 ini naik menjadi bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

QS Star University Rating dikeluarkan tiap tiga tahun. Pemeringkatan tersebut berbeda dengan QS ranking yang dikeluarkan tiap tahun. Terdapat tujuh kategori yang dinilai dalam pemeringkatan tersebut. Diantaranya teaching, employability, research, internationalization, facilities, social responsibility dan inclusiveness. (*)

Leave a Reply