Kuliah Umum Teknik Elektro UNS Datangkan Peneliti Energi Terbarukan dari ITB

UNS – Mahasiswa program studi Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan kuliah umum perdana bertajuk “Kreativitas Mahasiswa Melalui Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berbasis Penelitian dalam Menghadapi Problematika Global” pada Jumat (5/1/2018) di Ruang Seminar Perpustakaan Pusat UNS. Acara tersebut turut dihadiri oleh Sholihin As’ad selaku Dekan Fakultas Teknik, Irwan Iftadi selaku Kepala program studi Teknik Elektro, dan Dwiky Fajri Syahbana yang merupakan mahasiswa S2 Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pemateri.

Dwiki Fajri Syahbana menyampaikan hasil penelitiannya dibidang teknologi tentang “Sustainable Energy Movement”

Dalam sambutannya, Kepala program studi Teknik Elektro menyampaikan bahwa kuliah umum yang dikolaborasikan dengan pameran proyek kreatif mahasiswa Teknik Elektro ini akan terus dikembangkan untuk tahun berikutnya.

“Memang sudah menjadi komitmen kita, prodi dan mahasiswa untuk semakin meluaskan jangkauan pameran. Ini adalah kali pertama dilakukan seminar serta pameran. Untuk kedepannya, hal ini  akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setahun 2 kali,” pungkas Irwan Iftadi.

“Hal yang melatar belakangi saya mengadakan penelitian adalah kebutuhan listrik sebagai sumber energi yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan di sisi lain, terjadi ketimpangan dimana beberapa daerah ada yang belum menikmati listrik. Diperkirakan kebutuhan listrik tahun 2017-2026 akan meningkat sebesar 8,3%,” tutur Dwiki Fajri Syahbana terkait Suistainable Energy Movement.

Dwiki menyampaikan bahwa sumber energi terbarukan perlu untuk terus dikembangkan karena materialnya tidak akan habis meskipun dieksploitasi terus menerus. Seperti yang sudah diterapkan di PLTS di Maluku & Papua, PLTA di Jawa, PLTB di Sulawesi, dan yang sekarang ini sedang diteliti dan dikembangkan yaitu Biogas.

“Edukasi, energi terbarukan dan perekonomian masyarakat adalah hal yang saling berkaitan. Ketika energi terbarukan berkembang dengan baik disitulah pendidikan mengalami kemajuan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Dwiky.

Salah satu proyek hasil karya mahasiswa teknik elektro yang di pamerkan di Lobi Perpustakaan UNS pada Jumat (5/1/2018)

Mengakhiri kuliah umum, selanjutnya para peserta diarahkan turun ke lobi untuk melihat secara langsung hasil karya mahasiswa teknik elektro UNS. Setidaknya terdapat 57 proyek yang berhasil dikembangkan. Bukan hanya peserta namun pameran ini juga dibuka untuk umum. Para penonton pameran juga dipersilakan untuk mencoba secara langsung hasil karya anak bangsa ini. humas-red.uns/Ath/Isn

By | 2018-01-07T07:32:32+00:00 January 7th, 2018|Categories: Berita Terkini|