UNS – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menggelar PAUD Expo 2018 yang merupakan serangkaian acara yang terdiri atas pameran, pementasan, dan workshop.  Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, Munawir Yusuf, di Aula Gedung Kampus V FKIP Pabelan Surakarta pada  Sabtu, (6/1/2018) dan akan diselenggarakan hingga Minggu, (7/1/2018).

Penyampaian materi workshop oleh Warananingtyas Palupi selaku Kaprodi PG PAUD UNS pada Sabtu, (6/1/2018)

Expo ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa PG PAUD UNS yang melibatkan seluruh elemen dari prodi tersebut, antara lain dosen, mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa aktif dari semester I sampai dengan VII.

Dalam sambutannya, Munawir Yusuf menekankan bahwa peran guru ke depannya akan berubah, tidak hanya menjadi seorang pengajar atau pendidik, tetapi juga menjadi fasilitator ─ bagaimana mengajari anak cara belajar. Guru akan menjadi pembelajar saat kapan pun dan dimana pun.

“Workshop merupakan salah satu rangkaian acara dari PAUD EXPO 2018 yang mengangkat tema besar “Master 2 Piece”. Workshop ini sebagai bentuk kepedulian kami pada pendidikan karakter anak usia dini. Pendidikan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui ceramah atau klasikal dilaksanakan di dalam kelas. Namun, dapat diajarkan melalui kegiatan yang lainnya, salah satunya adalah seni. Seni sebagai salah satu alat untuk ekspresi jiwa dan perasaan manusia, tentu akan sangat menarik jika bisa dipadukan dengan pendidikan karakter pada usia emas anak,” ujar Warananingtyas selaku Kaprodi PG PAUD UNS.

Workshop kali ini mengusung tema “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Kegiatan Seni”. Yang dihadiri oleh Siti wahyuningsih dengan materi karakter anak usia dini dan kurikulum pembelajaran, serta Warananingtyas Palupi dengan materi seni anak usia dini.

Selanjutnya, di hari kedua, terdapat kegiatan pementasan tari. Pementasan ini merupakan persembahan karya tari anak usia dini oleh mahasiswa-mahasiswi semester I dan semester V PG PAUD FKIP UNS. Pementasan tari anak usia dini ini sekaligus sebagai penilaian mata kuliah Seni Tari. Pementasan tari tersebut menggambil tema “The Evolution of Life in Diversity”. Pementasan ini menceritakan tentang evolusi kehidupan hewan, tradisional, sampai ke zaman modern.

“Kegiatan expo ini bertujuan untuk menampilkan karya-karya terbaik dari mahasiswa, rangkaian kegiatan expo meliputi : workshop, penampilan tari, dan gelar produk agar mampu mengoptimalkan kreativitas yang dimiliki dan masyarakat umum mendapatkan wawasan tentang prodi PG PAUD,” imbuh Warananingtyas. humas-red.uns /Zul/Isn