Mahasiswa FT UNS Lolos Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023

Mahasiswa FT UNS Lolos Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023

UNS — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023 dari PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation. Ia adalah Muhammad Tegar Hidayat atau yang akrab disapa Tegar.

Hanya 11 mahasiswa UNS yang berhasil lolos hingga tahap akhir beasiswa tersebut. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Tegar harus melewati tiga tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD).

“Pas administrasi, disuruh bikin esai tentang ‘Aksiku untuk Hijaukan dan Lestarikan Bumi’. Setelah lolos, disuruh buat motivation letter dan dilanjut dengan seleksi wawancara dari Pertamina dan dosen universitas mitra (UNS). Setelah itu, tahap terakhir FGD yang dibagi jadi beberapa sesi dan teknisnya ada tim pro dan kontra yang mendiskusikan satu topik khusus tentang permasalahan di Indonesia saat ini,” tuturnya seperti dikutip dari ft.uns.ac.id, Selasa (12/9/2023).

Mahasiswa semester 5 tersebut mengaku senang ketika diumumkan menjadi salah satu penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi pada 25 Juli lalu.

“Kesannya pasti seneng banget. Padahal dulu merasa ada yang lebih bagus, tapi Alhamdulillah saya bisa terpilih jadi salah satu penerima beasiswa. Waktu pengumuman juga lagi bareng sama teman-teman, jadinya makin senang juga,” ungkapnya.

Ia berharap dapat memaksimalkan beasiswa ini dan memanfaatkan jejaring dengan orang-orang hebat melalui Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. HUMAS UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Skip to content