Search
Close this search box.

Mahasiswa MBKM Kewirausahaan Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Gelar Pameran di Solo Art Market

UNS – Kelompok mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kewirausahaan Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pameran. Dengan mengangkat tajuk Pameran Semasa Rupa, kegiatan pameran tersebut diselenggarakan di Solo Art Market (SAM), tepatnya di Pendestrian Ngarsopuro, Surakarta, Minggu (2/7/2023).

Acara pembukaan pameran dimulai dengan sambutan oleh Dr. Desy Nurcahyanti, S. Sn., M.Hum. selaku Kepala Program Studi Seni Rupa Murni FSRD UNS. Dr. Desy menyampaikan bahwa pameran yang dilaksanakan merupakan awal yang hebat bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan mahasiswa awalnya sangat minim pengetahuan tentang pameran dan sekarang dapat melaksanakan pameran dengan berbagai media dengan memanfaatkan ruang publik yang ada di Solo Art Market.

“Saya berharap dengan adanya pameran seperti ini selain dapat melatih kepercayaan diri mahasiswa juga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk dapat memanfaatkan ruang publik sebagai tempat untuk berpameran,” ujar Dr. Desy.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Heru sebagai perwakilan dari Solo Art Market. Beliau mengungkapkan bahwa tidak semua orang bisa memanfaatkan ruang ini sebagai ruang pameran. “Mudah-mudahan Solo Art Market tidak hanya bisa sampai sore tetapi bisa sampai malam melihat antusias para pengunjung Solo Art Market hari ini karena ada event pameran seperti ini. Terlebih banyak ditampilkan karya-karya yang sangat bagus dari mahasiswa di sini. Kita harapkan teman-teman dapat memanfaatkan ruang publik sebagai salah satu ruang untuk kita bisa berpameran di sini. Karena dari sini kita bisa bertemu, kita bisa berdialog, dan seperti harapan kita bersama yakni bisa memberikan pengalaman yang luar biasa dengan adanya pameran ruang publik seperti saat ini,” lanjut Heru.

Pembukaan pameran ditutup dengan acara cap tangan dengan gintang yang dilaksanakan secara langsung oleh Dr. Desy sebagai Kepala Program Studi Seni Rupa Murni FSRD UNS dan Heru sebagai perwakilan dari pengurus Solo Art Market. Cap tangan ini ditunjukan sebagai simbolisasi telah dibukanya pameran secara resmi.

Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS, Novita Sindi mengaku, pameran ini merupakan program kerja Hibah MBKM UNS sebagai syarat rekognisi mata kuliah semester genap. Selain itu juga untuk memperkenalkan Solo Art Market sebagai tempat yang berpotensi dalam bidang seni dan kewirausahaan.

Sementara itu, pameran ini tak hanya menampilkan berbagai karya orisinil mahasiswa seperti karya keramik, lukis, grafis dan patung dengan berbagai bentuk, ukuran, media dan perpaduan warna. Namun juga dilaksanakan workshop seni grafis cetak dalam bersama mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS Angkatan 2021 serta menggambar bersama.

Dyah Yuni Kurniawati, S.Sn., M.Sn. selaku pengelola Solo Art Market sekaligus pembimbing Mahasiswa MBKM UNS mengungkapkan bahwa tujuan utama diselenggarakannya pameran ini adalah untuk menumbuhkkan rasa optimisme dan percaya diri mahasiswa serta dapat digunakan untuk belajar bagaimana cara mengelola suatu event dengan baik.

“Saya kira Solo Art Market adalah ruang publik yang sangat layak untuk dijadikan ruang pamer yang diapresiasi masyarakat secara langsung. Serta saya berharap pameran MBKM ini dapat memacu kegiatan pameran lain kedepannya sebagai wadah tanggung jawab mahasiswa untuk memamerkan karya mereka” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content