UNS – Perempuan muda yang aktif dan kontributif memegang pengaruh besar dalam membentuk generasi masa depan, salah satunya adalah Usnida Umma Zahra, mahasiswi Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) angkatan 2014 ini membuktikan bagaimana pemodelan suatu keadaan melalui persamaan matematis berperan penting untuk menyelesaikan masalah.

Usnida Umma Zahra dalam rekaman calon penerima beasiswa L’Oreal Sorority in Science

Usnida adalah salah satu mahasiswa penerima beasiswa L’Oréal Sorority in Science, sebuah program unik yang diluncurkan atas kemitraan antara L’Oréal Indonesia dan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa senilai 20 juta rupiah ini diperuntukkan bagi mahasiswi yang bergelut di bidang sains yang mampu mendorong bakat besar cikal bakal perempuan peneliti Indonesia di masa depan.

Usnida, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum UKM Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM), mendapatkan informasi beasiswa dari salah satu pemenang tahun lalu. Motivasi utama mengikuti beasiswa L’Oreal ini adalah untuk membiayai penelitian.

Lebih lanjut, Usnida menuturkan bahwa tahapan aplikasi beasiswa, yakni dimulai dari pengisian form, pengumpulan berkas-berkas seperti surat rekomendasi, transkrip nilai, dan menulis esai 3500 kata bertemakan “Kontribusimu di Sains Indonesia”. Lolos seleksi tahap pertama, Usnida menjadi salah satu finalis beasiswa bersama kandidat dari Prodi Kedokteran dan Kimia.

“Alhamdulillah masuk jadi 10 finalis, di antara mahasiswa Prodi Kimia, Teknik Sipil, Kedokteran, dan Peternakan yang mendaftar,” tuturnya.

Seleksi tahap kedua yakni mengunggah video berdurasi 2 menit untuk meyakinkan dewan juri mengapa tiap calon pemenang berhak mendapatkan beasiswa. Usnida mengaku beruntung dibantu dengan tim mulai dari perekaman, pembuatan konsep, sampai pengeditan. Setelah meyisihkan pesaing dari mahasiswi seluruh Indonesia, akhirnya Usnida berhasil ditetapkan sebagai salah satu dari 5 peserta terpilih sebagai penerima beasiswa L’Oreal tahun ini.

“Sebenarnya salah satu tujuanku selain untuk dapet beasiswa, juga untuk membuktikan bahwa matematika juga bisa bermanfaat,” pungkasnya. humas-red.uns/Oss/Dty