UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih peringkat 724 dunia dan 12 Nasional dalam hal riset dan inovasi versi Scimago Institution Rankings. Kualitas riset dan inovasi yang baik merupakan hal yang penting bagi sebuah universitas maupun suatu negara. Riset dan inovasi menjadi salah satu tolok ukur dalam indeks persaingan global. Menindaklanjuti hal tersebut, UNS menggelar workshop bertemakan “Undestanding Scimago Institution Rankings” pada Kamis (6/5/2021). Dr. Isidro F. Aguillo selaku Head of Cybermatrics Lab – Scimago Group, IPP hadir sebagai narasumber. Workshop diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meeting yang mana dihadiri jajaran rektorat, dekanat, direktur, serta kepala biro yang ada di UNS.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Dr. Aguillo dalam workshop ini. Prof. Jamal berharap setelah diadakannya workshop ini, UNS mampu menciptakan strategi guna meningkatkan kualitas riset dan inovasi dalam pe-ranking-an oleh Scimago Institution Ranking.

I expect that after this workshop, the top management members can design some strategies to improve our ranking at the next assesment (Saya berharap setelah lokakarya ini, para anggota manajemen puncak dapat merancang beberapa strategi untuk meningkatkan peringkat kita pada penilaian berikutnya),” ujar Prof. Jamal.

Mengenal Lebih Jauh Scimago Institution Rankings, UNS Hadirkan Dr. Isidro F. Aguillo

Scimago Institutions Rankings adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian (bobot 50 persen), hasil inovasi (bobot 30 persen), dan dampak sosial (bobot 20 persen) yang diukur dengan visibilitas web. Lebih jauh lagi, hal yang menjadi penting dalam pengukuran peringkat oleh Scimago Institutions Rankings adalah seberapa banyak paper yang mampu dipublikasikan pada suatu perguruan tinggi. Hal tersebut tentu tidak boleh meninggalkan esensi kualitas dari paper yang dipublikasikan dan tidak hanya terpaku pada jumlah.

Berdasarkan pengamatannya, terjadi penurunan jumlah publikasi internasional perguruan tinggi di Scopus. Baginya, ada beberapa alasan atas hal tersebut. Yang pertama, paper yang dipublikasikan di jurnal lokal tidak langsung dipublikasikan di jurnal internasional. Yang kedua, banyak paper yang hanya dibuat untuk riset lokal namun tidak dibuat menjadi riset internasional.

Dr. Aguillo pun menjelaskan bahwa perbandingan penilaian tidak terlalu jauh antara UNS dengan universitas lain. Dengan meningkatkan publikasi paper international, UNS dapat meraih peringkat yang lebih baik.

According to the public data, obviously you have a very good performance section in the social citework (menurut data publik, jelas Anda memiliki kinerja yang sangat baik di dunia sosial),” jelas Dr. Aguillo.

So i think if you improve your international competition, probably you can reach better rank (jadi saya pikir jika Anda meningkatkan persaingan internasional Anda, mungkin Anda dapat mencapai peringkat yang lebih baik),” saran Dr. Aguillo. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

UNS --- Torehan prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas...

Pusdemtanas UNS: Pentingnya Perlindungan Hukum bagi Tenaga Medis dalam Penanganan Pasien Covid-19

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Alumni Jerman dan Austria di UNS Gelar Halalbihalal

UNS --- Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di...

Lagi-lagi Raih Prestasi, Mahasiswa FISIP UNS Sabet Juara Broadcasting Competition 2021 Nuskara EO UNY

UNS --- Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan...

Keren, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Poster Internasional

UNS --- Kabar gembira datang dari mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret...

Pakar Linguistik UNS Paparkan Studi Kasus Linguistik Forensik dalam Proses Persidangan Pidana

UNS --- Perkembangan cabang ilmu linguistik interdisipliner yang semakin luas mampu memberikan...