Berita Terkini

Menhan Beri Kuliah Umum di Hadapan Mahasiswa Baru UNS

By 13 August 2019 No Comments

UNS – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Ryamizard Ryacudu memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bertempat di halaman depan Gedung Rektorat dr. Prakosa, Selasa (13/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Ryamizard menyampaikan kuliah umum dengan tema “Bela Negara sebagai Penangkal Radikalisme di Kampus”. Materi tersebut dibahas oleh Menhan sebab pada akhir-akhir ini kekhawatiran akan paham radikal sedang marak-maraknya berkembang di lingkungan perguruan tinggi.

Oleh sebab itu, sebagai Menhan yang diberi mandat langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, Ryamizard merasa bahwa tugas dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bagi mahasiswa baru UNS sangat perlu untuk dilakukan.

Lanjut Ryamizard, ancamam terhadap ketahanan nasional, seperti terorisme tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) saja, namun ancaman tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali bagi generasi muda.

“Contohnya saja terorisme. Tidak bisa dihadapi dengan senjata. Tidak hanya polisi dan tentara semata. Kemungkinan hanya 1% kemampuan TNI dan Polri dalam menghadapi terorisme,” ujar Ryamizard.

Selain mengingatkan akan masalah terorisme, Ryamizard juga menambahkan bahwa konsep arsitektur pertahanan negara yang telah diamanatkan dalam UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2004 harus diperkuat dengan sikap bela negara dari setiap pribadi. Tidak lupa, Ryamizard juga mengingatkan bahwa ideologi Pancasila merupakan anugerah yang luar biasa dari Tuhan YMEbagi bangsa Indonesia.

“Pancasila ini merupakan rahmat dan hidayah dari Tuhan YMEkarena kecintaan-Nya yang luar biasa bagi bangsa Indonesia,” pungkasnya. (Humas UNS/Yefta)

Leave a Reply