Menyambut Tahun Politik 2019 UNS Gelar Silaturahmi Bersama

UNS – Dalam menghadapi tahun politik tahun 2019 ini Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan silaturahmi bersama yang diselenggarakan pada  Selasa, (2/1/2019) bertempat di Auditorium UNS.

Acara silaturahmi yang diadakan pada awal tahun 2019 ini mengusung tema “Menyambut Tahun Politik Transisional Indonesia 2019”. Silaturahmi ini dimaksudkan agar civitas academica UNS dapat mempererat tali persaudaraan serta acara silaturahmi dan mampu dengan bijak menghadapi tahun 2019 yang sarat dengan tahun politik.

Acara silaturahmi ini menghadirkan Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni sebagai pengisi ceramah. Dalam  ceramahnya, Prof. Ismi menjelaskan tiga hal yang menjadi pokok dalam pidatonya, yaitu pergeseran penggunaan media mainstream ke media sosial, usaha menyinergikan generasi baby bloomer dengan generasi X dan Y, serta paradigma pergeseran pembangunan yang mana ketiga pokok bahasan tersebut perlu untuk diperdalam mengingat Indonesia saat ini sedang berada dalam masa digitalisasi.

Prof. Ismi menyampaikan, apabila UNS sebagai salah satu institusi pendidikan tidak mampu mengikuti perkembangan generasi milenial yang sudah sangat akrab dengan media sosial, maka UNS lambat laun akan ditinggal dan dilupakan. Bukan hanya itu, di 2019 yang sarat dengan tahun politik, Prof Ismi turut menyampaikan bahwa seluruh civitas academica UNS harus mampu untuk bersikap dan berpikir dengan konsep kebenaran yang berdasar realita.

Hal itu ia sampaikan sebab pada tahun politik seperti tahun 2019 ini, masyarakat dengan mudahnya menilai suatu kebenaran berdasarkan subjektifitas dan tanpa melalui data yang akurat. Padahal konsep kebenaran yang sebenarnya harus diletakkan pada realitas yang berkembang di masyarakat.

Lanjutnya, masyarakat Indonesia jaman sekarang terlalu mudah mempercayai orang-orang yang dengan begitu yakin mampu menyebarkan isu-isu politik yang tidak benar  dalam masyarakat.

Sebagai penutup, Prof. Ismi dengan tegas menghimbau agar seluruh civitas academica UNS mengedepankan Smart Politic baik dalam kehidupan di masyarakat maupun di kampus agar UNS tidak diombang-ambingkan oleh isu-isu politik yang menyesatkan.

Dalam acara silaturahmi ini, hadir pula Prof. Ravik yang turut menyampaikan pandangannya dalam menyikapi tahun politik 2019 ini.

Prof. Ravik menuturkan,  di awal tahun ini, seluruh civitas academica UNS perlu bijak menyikapi tahun politik agar UNS tidak diombang-ambingkan.

“Jangan sampai terjebak dengan logika kebenaran perseptual yang tidak berdasar realita agar kita tidak terjerumus ke dalam masalah,” tutup Prof. Ravik. Humas-red.uns/Yef/Isn

By | 2019-01-02T21:27:28+07:00 02 January 2019|Categories: Berita Terkini|