Pacu Mahasiswa Studi ke Amerika, UNS Kembali Adakan IO Study Aboard

UNS – Internasional Office (IO) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengadakan IO Study Aboard dengan tema Study in the US: Presentasi Program Studi dan Beasiswa, Selasa (13/11/2018) di Ruang Sidang 2, Gedung Rektorat UNS. Pada Sharing session kali ini, mereka bekerja sama dengan Education USA, Kedutaan Amerika Serikat Jakarta untuk berbagi informasi mengenai studi dan beasiswa di Amerika Serikat.  

Di sharing session ini pengisi materi adalah Muhammad Iqbal yang merupakan Advisor dari Education USA, Kedutaan Amerika Serikat. Ia menjelaskan berbagai informasi mengenai studi lanjut di Amerika Serikat seperti halnya sistem pendidikan, universitas dan juga program-program beasiswa serta peluang mendapatkannya.

“Education USA sendiri merupakan lembaga yang membantu siswa atau mahasiswa yang ingin sekolah ke Amerika. Contohnya seperti informasi pendidikan, beasiswa seperti Fulbright ataupun program-program exchange lainnya,” ungkap Iqbal.

Tidak ketinggalan ia juga menjelaskan mengenai hal-hal teknis tentang persyaratan, fasilitas, serta uang perkuliahan selama bersekolah di Amerika. Tips-tips untuk bisa lebih dekat meraih beasiswa juga dipaparkan. Menurutnya salah satu faktor paling besar yang menghentikan langkah para peraih beasiswa adalah rasa tidak percaya diri untuk berkompetisi secara internasional sehingga dibutuhkan pelamar beasiswa yang berani serta konsisten.

“Memang sulit, namun harus diingat, beasiswa diperuntukkan untuk orang-orang yang konsisten dan mau berusaha, bukan hanya orang yang pandai ataupun berprestasi. Kalau konsisten dan tidak pernah menyerah, pasti berhasil,” tutupnya.

Sebelumnya, International Office UNS telah mengadakan IO Study Aboard tentang studi dan beasiswa di Prancis. Yudhi Sastroredjo, koordinator tata usaha International Office UNS mengatakan bahwa sebagai agenda rutin, IO Study Aboard diharapkan dapat menjembatani institusi-institusi beasiswa untuk memberikan informasi mengenai persyaratan beasiswa dan memacu semangat mereka untuk melanjutkan studi ke luar negri seperti Amerika.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai studi dan beasiswa di Amerika, mahasiswa UNS dapat menghubungi surel: IqbalM2@state.gov atau IqbalM2@america.gov dan nomor: 08118012538 (Muhammad Iqbal).   humas-red.uns/Ysp/Isn

By | 2018-11-14T14:50:11+00:00 14 November 2018|Categories: Berita Terkini|